Market

Yang Termasuk Dampak Positif Mobilitas Sosial Adalah…

36
×

Yang Termasuk Dampak Positif Mobilitas Sosial Adalah…

Sebarkan artikel ini
Yang Termasuk Dampak Positif Mobilitas Sosial Adalah…

Mobilitas sosial mendefinisikan gerakan atau perpindahan antar posisi atau strata dalam sebuah sistem sosial atau masyarakat. Pergerakan tersebut dapat terjadi secara vertikal (naik atau turun) atau horizontal (pindah dalam strata yang sama). Mobilitas sosial dapat berpengaruh luas terhadap kelompok dan perorangan dalam banyak aspek kehidupan. Beberapa dampak positif yang bisa dan sering terjadi dari mobilitas sosial adalah meningkatnya pendapatan ekonomi, pendidikan, dan keadilan sosial.

Meningkatnya Pendapatan Ekonomi

Mobilitas sosial vertikal, terutama naik, sering kali diiringi peningkatan pendapatan ekonomi. Ini terjadi karena mobilitas sosial biasanya berkaitan dengan perubahan pekerjaan atau profesi. Misalnya, jika seseorang pindah dari pekerjaan kasar ke pekerjaan kantor atau dari pekerjaan biasa menyebabkan peningkatan pendapatan.

Kemajuan Pendidikan

Mobilitas sosial juga berdampak positif bagi pendidikan. Kita biasa menyaksikan bagaimana mobilitas sosial mendorong seseorang untuk mencapai pendidikan yang lebih tinggi. Misalnya, orang tua yang berstatus ekonomi rendah mungkin mendorong anak-anak mereka untuk menuntut ilmu dan berusaha keras menjadi profesional sehingga bisa naik strata. Mobilitas sosial juga bisa merangsang sistem pendidikan untuk menghadirkan program yang fokus pada peningkatan pendidikan bagi kelompok-kelompok yang kurang beruntung.

Meningkatnya Keadilan Sosial

Yang juga menjadi dampak positif mobilitas sosial adalah peningkatan keadilan sosial. Mobilitas sosial umumnya membuka jalan bagi akses yang lebih equal dan adil terhadap peluang dan sumber daya. Ini terjadi karena mobilitas sosial erat kaitannya dengan keseimbangan, kesamaan, dan arus informasi yang baik dalam masyarakat.

Meski demikian, tentu saja mobilitas sosial bukan hanya menghasilkan dampak positif. Ada pula dampak negatif yang mungkin muncul, seperti ketidakseimbangan sosial, stigmatisasi, dan lainnya. Namun yang pasti, mobilitas sosial merupakan fenomena yang esensial dalam dinamika masyarakat. Pengertian dan pemahaman tentang mobilitas sosial dan dampaknya, baik positif maupun negatif, adalah penting untuk membuat perubahan dan pengembangan yang konstruktif dalam masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *