Sosial

Administrasi Publik Adalah Pembuatan Kebijakan: Pendapat Ini Dikemukakan Oleh Beberapa Pakar

37
×

Administrasi Publik Adalah Pembuatan Kebijakan: Pendapat Ini Dikemukakan Oleh Beberapa Pakar

Sebarkan artikel ini
Administrasi Publik Adalah Pembuatan Kebijakan: Pendapat Ini Dikemukakan Oleh Beberapa Pakar

Pembahasan terhadap administrasi publik seringkali merujuk pada aktivitas yang melibatkan organisasi pemerintah dan entitas publik. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu definisi administrasi publik telah berkembang dan lebih spesifik, di mana beberapa pakar berpendapat bahwa administrasi publik pada hakekatnya adalah pembuatan kebijakan.

Hakikat Administrasi Publik

Administrasi publik ialah suatu disiplin yang menelaah pelaksanaan urusan pemerintahan secara luas, dan bagaimana mengimplementasikan dan memberikan dampak pada kehidupan masyarakat. Aktivitas ini seringkali melibatkan interaksi antara berbagai komponen dalam struktur pemerintahan, mulai dari perencanaan, penyusunan, eksekusi, hingga evaluasi kebijakan.

Administrasi Publik dan Pembuatan Kebijakan

Dalam konteks ini, pembuatan kebijakan menjadi inti dari administrasi publik. Kebijakan yang dihasilkan oleh administrasi publik menentukan agenda pemerintahan dan menjadi acuan aksi selanjutnya. Nantinya, kebijakan-kebijakan ini akan memberikan dampak yang dapat diukur secara nyata dalam kehidupan masyarakat.

Pakar yang Memandang Administrasi Publik sebagai Pembuat Kebijakan

Pendapat bahwa administrasi publik adalah pembuat kebijakan menjadi populer dan dikemukakan oleh beberapa pakar. Misalnya, David Easton, politikus dan teoretikus politik berkebangsaan Amerika, melihat administrasi publik sebagai entitas yang menerima masukan dari masyarakat, baik berupa tuntutan atau dukungan, dan mengolahnya menjadi kebijakan publik. Selain itu, White juga menyatakan bahwa administrasi publik ialah suatu proses yang mengkaitkan pemerintah dan masyarakat melalui kebijakan yang disusun dan diimplementasikan.

Ahli Lainnya

Selain Easton dan White, terdapat juga pakar lain seperti Vincent Ostrom yang mengemukakan pandangan terkait pembuatan kebijakan sebagai jantung dari administrasi publik. Dia berpendapat bahwa pemerintah dan adminstrasi publik perlu selalu mengupayakan efisiensi dan efektifitas dalam pengambilan kebijakan.

Dari ulasan di atas dapat disimpulkan bahwa administrasi publik pada hakekatnya adalah pembuatan kebijakan. Meskipun ada berbagai pendapat lain mengenai definisi administrasi publik, melihatnya sebagai suatu proses pembuatan kebijakan memberikan kita pandangan yang lebih spesifik dan aplikatif mengenai apa yang sebenarnya dilakukan dalam administrasi publik. Pendapat ini telah dikemukakan oleh beberapa pakar dan menjadi landasan bagi pengembangan dan penerapan administrasi publik yang efektif dan efisien.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *