Diskusi

Agar Terjalin Persatuan dan Kesatuan Diantara Warga Masyarakat yang Beraneka Ragam Diperlukan Sikap

31
×

Agar Terjalin Persatuan dan Kesatuan Diantara Warga Masyarakat yang Beraneka Ragam Diperlukan Sikap

Sebarkan artikel ini
Agar Terjalin Persatuan dan Kesatuan Diantara Warga Masyarakat yang Beraneka Ragam Diperlukan Sikap

Persatuan dan kesatuan merupakan dua elemen penting dalam menghidupkan dinamika masyarakat. Dapat disebut bahwa kita sebagai masyarakat yang beraneka ragam ini dapat hidup harmonis dan damai berkat adanya persatuan dan kesatuan. Terlebih di Indonesia, negara yang dikenal dengan keragaman budaya, suku, dan agama, penting sekali menjaga dan merawat nilai-nilai persatuan dan kesatuan untuk terciptanya kesejahteraan bersama.

Namun bagaimana cara melakukannya? Ketika menuntut adanya persatuan dan kesatuan dalam keberagaman, tentu diperlukan sikap yang tepat dari setiap individu dalam masyarakat. Jadi apa saja sikap yang diperlukan untuk terjalinnya persatuan dan kesatuan diantara warga masyarakat yang beraneka ragam ini? Berikut beberapa point pentingnya:

1. Sikap Toleransi

Sebagai masyarakat yang beraneka ragam, tentunya kita perlu sikap toleransi yang tinggi. Menghargai keberagaman baik dalam hal suku, ras, agama, maupun budaya perlu kita tanamkan dalam diri setiap individu. Kita harus menerima dan menghargai perbedaan yang ada, bukannya malah memperbesar perpecahan dengan cara membeda-bedakan dan atau mendiskreditkan satu sama lain.

2. Sikap Salimgulana (saling menolong)

Dalam menjaga kesatuan dan persatuan, sikap salimgulana atau saling menolong antar sesama warga masyarakat sangat penting. Sikap ini akan menunjukkan bahwa kita saling peduli dan tidak merasa terpisah atau berbeda meski ada berbagai macam perbedaan yang ada. Dengan sikap ini, persatuan dan kesatuan yang ada akan semakin kokoh.

3. Sikap Menghargai

Selain toleransi dan sikap salimgulana, sikap menghargai juga diperlukan dalam mempererat persatuan dan kesatuan. Menghargai di sini bukan hanya kepada individu yang berbeda-beda latar belakangnya saja, tetapi juga, lebih daripada itu, menghargai dan menjunjung tinggi Pancasila dan UUD 1945 sebagai dasar negara kita.

4. Sikap Peduli Sosial

Sikap peduli sosial juga penting untuk membangun dan menjaga persatuan dan kesatuan. Sikap ini diperlukan agar setiap individu merasa menjadi bagian dari masyarakat dan merasakan memiliki tanggung jawab terhadap kehidupan masyarakat secara keseluruhan.

Sikap-sikap ini tentunya harus disertai dengan kebijakan pemerintah yang mempromosikan persatuan dan kesatuan melalui berbagai program atau kegiatan yang inklusif dan merangkul semua elemen masyarakat. Semua pihak harus bekerja sama dalam menjaga persatuan dan kesatuan ini, karena tanpa kerja sama dan komitmen bersama, persatuan dan kesatuan hanya akan menjadi kata-kata kosong belaka. Semoga artikel ini dapat membantu kita semua untuk lebih meningkatkan sikap-sikap tersebut dalam kehidupan sehari-hari, demi terwujudnya persatuan dan kesatuan yang harmonis di tengah masyarakat kita yang beraneka ragam ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *