Paket

Situasi di Eropa yang Memengaruhi Kedatangan Bangsa Barat ke Dunia Timur

28
×

Situasi di Eropa yang Memengaruhi Kedatangan Bangsa Barat ke Dunia Timur

Sebarkan artikel ini
Situasi di Eropa yang Memengaruhi Kedatangan Bangsa Barat ke Dunia Timur

Persebaran pengaruh dan kehadiran bangsa Eropa di wilayah dunia timur merupakan salah satu bab penting sejarah dunia. Negara-negara Eropa seperti Portugal, Spanyol, Belanda, dan Inggris mendominasi dunia melalui penjelajahan dan kolonisasi. Ini semua dipicu oleh situasi tertentu yang terjadi di Eropa sendiri. Artikel ini akan membahas beberapa faktor penting yang mendorong bangsa barat memperluas cakrawalanya ke dunia timur.

Krisis Ekonomi

Pada abad ke-15, Eropa mengalami krisis ekonomi akibat menurunnya perdagangan dengan negara-negara di Timur Tengah dan Asia akibat adanya peperangan dan perampasan yang sering terjadi. Sebagai contoh, saat Kekaisaran Ottoman menutup akses jalan sutera, jalur perdagangan penting antara Eropa dan Asia, menyebabkan harganya naik drastis. Oleh karena itu, negara-negara Eropa merasa perlu mencari jalan mereka sendiri untuk mencapai Asia dan kawasan timur lainnya sehingga mereka dapat memperdagangkan barang-barang seperti rempah-rempah, sutra, emas, dan barang mewah lainnya.

Hasrat untuk Mengekspansi Agama

Ekspedisi oleh bangsa Eropa ke timur juga dipicu oleh keinginan kuat untuk menyebarluaskan agama Kristen. Gereja Katolik Roma pada masa itu berperan penting dalam mendorong penyebaran agama serta pengaruh kekuatan politik Eropa ke seluruh dunia. Misi penginjilan seringkali menjadi alasan utama bagi beberapa ekspedisi.

Penemuan dan Kemajuan Navigasi

Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan, terutama dalam hal navigasi dan pelayaran, memainkan peran penting dalam membantu bangsa Eropa menjelajah ke arah timur. Penemuan kompas oleh ilmuwan Eropa dan peningkatan desain kapal memungkinkan beberapa negara seperti Spanyol dan Portugal berhasil mencapai Asia melalui rute maritim. Kemudian, negara-negara lain seperti Belanda dan Inggris mengikuti langkah mereka.

Kesimpulan

Dengan demikian, situasi ekonomi, ambisi religius, dan peningkatan teknologi dan ilmu pengetahuan di Eropa telah mendorong bangsa barat untuk berlayar dan mengunjungi dunia timur. Kedatangan mereka memiliki dampak besar terhadap dunia, terutama dalam hal sosial, ekonomi, politik, dan budaya. Sejarah tersebut telah ikut membentuk dunia seperti saat ini, dan memberikan kita pemahaman yang lebih baik mengenai dinamika global yang terjadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *