Pengetahuan

12 Oktober: Memperingati Hari Apa? Apakah Libur?

25
×

12 Oktober: Memperingati Hari Apa? Apakah Libur?

Sebarkan artikel ini
12 Oktober: Memperingati Hari Apa? Apakah Libur?

Seiring dengan berjalannya waktu, berbagai peristiwa penting menjadi bagian dari sejarah dan seringkali diperingati setiap tahunnya. Setiap tanggal memiliki maknanya tersendiri, baik itu peringatan untuk mengenang peristiwa heroik atau memperingati peristiwa yang menandai kemajuan masyarakat. Salah satu tanggal yang memiliki peringatan penting adalah 12 Oktober. Pada artikel ini, kita akan membahas beberapa peringatan yang jatuh pada tanggal tersebut dan apakah hari itu dijadikan hari libur.

Sejarah 12 Oktober

Ada beberapa peringatan yang terkait dengan tanggal 12 Oktober, beberapa di antaranya diperingati di berbagai negara.

Hari Kebangkitan Nasional Brasil (Brasil)

Pada 12 Oktober, Brasil merayakan Hari Kebangkitan Nasional atau “Dia do Descobrimento” dalam bahasa Portugis. Perayaan ini mengenang peristiwa yang terjadi pada tahun 1500, ketika Pedro Álvares Cabral, penjelajah Portugis, tiba di Brasil dan mengklaim wilayah tersebut sebagai bagian dari Kekaisaran Portugis. Setiap tahun, perayaan ini diadakan dengan berbagai festival budaya dan acara yang menggambarkan sejarah dan warisan Brasil.

Meskipun tanggal 12 Oktober dianggap sebagai peringatan ini oleh banyak orang di Brasil, Hari Kebangkitan Nasional Brasil dianggap bukan sebagai hari libur nasional yang resmi. Oleh karena itu, kegiatan bisnis dan pelayanan umum pada umumnya beroperasi normal pada hari itu.

Hari Kolumbus atau Columbus Day (Amerika Serikat)

Tanggal 12 Oktober juga terkenal sebagai peringatan kedatangan Christopher Columbus di benua Amerika pada tahun 1492. Hari ini dikenal sebagai Columbus Day di Amerika Serikat dan dirayakan pada hari Senin kedua di bulan Oktober. Columbus Day pada dasarnya merupakan perayaan penemuan benua Amerika oleh Columbus dan mengakui kontribusi orang Italia dalam sejarah AS.

Columbus Day dianggap sebagai hari libur federal di Amerika Serikat, dan banyak sekolah, perusahaan, serta institusi pemerintahan tutup pada hari ini. Namun, beberapa negara bagian di AS tidak merayakan Columbus Day sebagai liburan dan lebih suka mengakui berbagai peristiwa dan kontribusi lain yang relevan bagi sejarah mereka.

Kesimpulan

Tanggal 12 Oktober memperingati beberapa peristiwa penting dalam sejarah, seperti Hari Kebangkitan Nasional Brasil dan Columbus Day di AS. Meskipun kedua perayaan ini memiliki dampak yang signifikan pada sejarah dan budaya masing-masing negara, hanya Columbus Day yang dianggap sebagai hari libur di AS.

Sementara itu, di Brasil, Hari Kebangkitan Nasional tidak dianggap sebagai hari libur nasional, dan kegiatan bisnis serta pelayanan umum tetap beroperasi normal pada hari itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *