Sosial

Contoh Karya Seni Visual Dua Dimensi yang Bergerak, Yaitu

27
×

Contoh Karya Seni Visual Dua Dimensi yang Bergerak, Yaitu

Sebarkan artikel ini
Contoh Karya Seni Visual Dua Dimensi yang Bergerak, Yaitu

Seni visual dua dimensi yang bergerak telah ada sejak lama dan merupakan kombinasi antara seni dan ilmu pengetahuan. Dalam konteks ini, seni visual dua dimensi yang bergerak merujuk pada karya-karya seni yang memiliki elemen kedua dimensi, seperti gambar atau lukisan, namun juga menyertakan elemen animasi yang membuat mereka tampak bergerak atau hidup. Berikut ini beberapa contoh karya seni visual dua dimensi yang bergerak:

1. Cels (Film Animasi)

Studi di bidang animasi seperti Disney dan Studio Ghibli, masing-masing telah menghasilkan sejumlah karya klasik yang memperkenalkan teknik专题专题2¾animasi dua dimensi. Karakter dan latar belakang dari film-film ini dilukis pada lembaran seluloid tipis yang disebut “cels”. Beberapa contoh karya animasi yang menggunakan cels antara lain:

  • Blancanieves y los siete enanitos (1937) oleh Walt Disney
  • La Bella y la Bestia (1991) oleh Walt Disney
  • Mi vecino Totoro (1988) oleh Studio Ghibli

2. Gif Animado

Mungkin salah satu jenis seni visual dua dimensi yang paling populer di era internet ialah gif animado. Diciptakan pada tahun 1987 oleh Steve Wilhite, standar pertama dari format GIF (Graphics Interchange Format) memungkinkan kompresi kecil dari gambar berwarna yang dapat ditampilkan secara universal di berbagai platform. Gif animado sering digunakan dalam pemasaran digital, media sosial, dan komunikasi antara pengguna.

3. Dibujo Cingarreo

Dibujo cingarreo (agen típico de arte cinético) adalah satu teknik yang menciptakan ilusi gerakan dari gambar statis lewat penggunaan garis-garis vertikal sejajar yang mengelilingi gambar itu sendiri. Ketika pemirsa menggerakkan kepala atau mata mereka, gambar ini akan tampak seolah-olah bergoyang atau berputar. Salah satu contoh karya seni visual dimensi yang bergerak, yaitu debajo cingarreo ialah:

  • Pipe Dream oleh Bill Atkinson

Kesimpulan

Ada berbagai cara untuk menggabungkan gerakan ke dalam karya seni visual dua dimensi. Teknik-teknik ini memungkinkan seniman untuk menciptakan karya-karya yang menarik dan dinamis, yang mencerminkan kreativitas dan inovasi dalam bidang seni visual. Dari film animasi hingga gif dalam aplikasi percakapan, seni visual dua dimensi yang bergerak membuktikan bahwa seni tidak hanya statis tetapi juga bisa hidup dalam pergerakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *