Sekolah

Sejarah Sebagai Peristiwa Juga Disebut Sejarah

41
×

Sejarah Sebagai Peristiwa Juga Disebut Sejarah

Sebarkan artikel ini
Sejarah Sebagai Peristiwa Juga Disebut Sejarah

Setiap momen hidup kita, setiap peristiwa yang terjadi di dunia ini, merujuk pada konsep sejarah. Dalam konteks ini, sejarah bukan hanya berarti pengetahuan atau studi tentang masa lalu, tetapi juga segala peristiwa yang terjadi setiap saat. Hal ini menunjukkan bahwa hukum dunia berjalan seiring waktu dan tidak dapat dipisahkan dari sejarah. Oleh karena itu, konsep ‘sejarah sebagai peristiwa’ juga dapat digunakan untuk merujuk pada sejarah.

Latar Belakang

Sejarah sering kali dianggap sebagai studi tentang peristiwa masa lalu. Namun, sejarah juga dapat dipandang sebagai peristiwa itu sendiri. Oleh karena itu, sejarah tidak hanya memfokuskan pada apa yang telah terjadi, tetapi juga pada apa yang sedang dan akan terjadi. Sejarah adalah rangkaian peristiwa yang tidak pernah berhenti.

Sejarah: Lebih dari Sekedar Masa Lalu

Pada umumnya, sejarah seringkali dianggap sinomim dengan ‘masa lalu’. Meskipun demikian, sejarah sebenarnya lebih dari sekedar masa lalu. Dalam skema yang lebih luas, sejarah mencakup tiga durasi waktu; masa lalu, masa kini, dan masa depan. Sejarah membantu manusia memahami bagaimana masa lalu membentuk kondisi saat ini dan bagaimana kondisi saat ini dapat mempengaruhi masa depan.

Pandangan Modern tentang Sejarah

Pandangan modern tentang sejarah mengemukakan bahwa semua peristiwa mempengaruhi jalannya sejarah. Ini berarti bahwa sejarah berjalan dan berlangsung setiap saat dan setiap peristiwa adalah bagian dari sejarah. Dengan demikian, peristiwa tersebut juga bisa disebut ‘sejarah’.

Sejarah melibatkan banyak aspek, termasuk peristiwa politik, sosial, ekonomi, dan budaya. Setiap peristiwa memiliki dampak dan pengaruhnya sendiri pada jalannya sejarah, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Kesimpulan

Pada titik ini, menegaskan ‘sejarah sebagai peristiwa juga disebut sejarah’ memiliki makna bahwa setiap peristiwa yang terjadi setiap hari juga menjadi bagian dari sejarah. Oleh karena itu, perlu ada pemahaman bahwa sejarah bukan hanya sekedar pelajaran tentang masa lalu, tetapi juga tentang memahami dan belajar dari peristiwa-peristiwa yang terjadi setiap hari. Ini adalah cara untuk memahami bagaimana masa kini dibentuk dan bagaimana masa depan mungkin terbentuk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *