Sosial

Tuliskan Bacaan Niat Salat Tahajud Beserta Artinya

30
×

Tuliskan Bacaan Niat Salat Tahajud Beserta Artinya

Sebarkan artikel ini
Tuliskan Bacaan Niat Salat Tahajud Beserta Artinya

Sholat Tahajud adalah salah satu sholat sunnah yang dilakukan di tengah malam. Sholat ini memiliki banyak keutamaan dan manfaat, tidak hanya untuk kesehatan rohani, tetapi juga untuk kesehatan fisik. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan bagaimana cara melaksanakan salat Tahajud beserta bacaan niat dan artinya.

Niat Salat Tahajud

Sebelum memulai salat Tahajud, kita harus membaca niat untuk salat Tahajud. Berikut adalah bacaan niat dalam Bahasa Arab dan terjemahannya dalam Bahasa Indonesia:

Bahasa Arab

أُصَلِّى سُنَّةَ اللهِ تَعَالىَ آرْبَعَ رَكَعَاتٍ لِلهِ تَعَالى

Artinya

"Aku niat shalat sunnat Allah Ta'ala empat rakaat karena Allah Ta'ala"

Perlu diperhatikan bahwa niat adalah hal yang terjadi dalam hati, jadi kita tidak perlu mengucapkannya dengan lisan. Yang penting adalah niat kita dalam hati dan niat ini harus ada sebelum kita memulai salat Tahajud.

Cara Melakukan Salat Tahajud

Setelah niat, kita dapat mulai melakukan salat Tahajud. Berikut adalah langkah-langkah yang harus kita ikuti:

  1. Takbiratul Ihram – Kita mulai dengan mengangkat kedua tangan sambil membaca “Allahu Akbar”.
  2. Bacaan Al-Fatihah dan surat pendek – Setelah itu, kita membaca Al-Fatihah dan surat pendek dari Al-Quran.
  3. Ruku dan I’tidal – Kemudian, kita membungkuk (ruku) sambil membaca “Subhaana Rabbiyal Adzim” dan kemudian berdiri (i’tidal) sambil membaca “Sami’Allahu Liman Hamidah.”
  4. Sujud, Duduk di antara dua sujud, dan sujud kedua – Setelah itu, kita sujud sambil membaca “Subhaana Rabbiyal A’la”, duduk di antara dua sujud, dan sujud kedua.
  5. Duduk dan Tahiyat Akhir – Terakhir, kita duduk dan membaca Tahiyat Akhir, Shalawat Nabi, dan salam.

Itulah cara dan bacaan niat salat Tahajud beserta artinya. Semoga ini membantu Anda dalam melakukan sholat Tahajud dengan benar dan memperoleh manfaatnya. Ingatlah bahwa kunci dari sholat adalah konsentrasi dan penghayatan terhadap setiap bacaan dan gerakan. Dengan demikian, kita dapat merasakan kedamaian dan kebahagiaan yang datang dari beribadah kepada Allah Ta’ala.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *