Guru

Tuliskan Hubungan Antara Unicode dengan Representasi Karakter

60
×

Tuliskan Hubungan Antara Unicode dengan Representasi Karakter

Sebarkan artikel ini
Tuliskan Hubungan Antara Unicode dengan Representasi Karakter

Unicode dan representasi karakter merupakan dua konsep penting dalam pemrosesan teks dalam komputasi. Pertama, mari kita definisikan dua istilah ini.

Unicode

Unicode adalah standar internasional yang berusaha untuk mencakup semua karakter yang dibutuhkan dalam penulisan teks untuk semua bahasa dan sistem penulisan di dunia. Setiap karakter diwakili oleh suatu angka unik yang disebut kode titik Unicode.

Unicode menyertakan dalam daftarnya hampir semua karakter dari setiap sistem penulisan yang ada. Skema ini dianggap efektif karena, yang terpenting, Unicode memungkinkan kita untuk menggunakan lebih dari satu sistem penulisan dalam satu dokumen atau pesan.

Representasi Karakter

Representasi karakter adalah cara komputer mewakili teks atau data karakteristik manusia. Komputer menggunakan sistem biner (0 dan 1) untuk mengkode dan menguraikan teks dan data. Ada banyak cara untuk merepresentasikan teks dalam biner, yang dikenal sebagai “set karakter” atau “skema pengkodean”. Beberapa sistem yang populer termasuk ASCII, ISO-8859-1, dan UTF-8.

Hubungan antara Unicode dan Representasi Karakter

Ketika kita berbicara tentang hubungan antara Unicode dan representasi karakter, kita berbicara tentang bagaimana komputer mengubah teks manusia menjadi baris dan barisan angka, kemudian kembali lagi.

Unicode menyediakan daftar karakter dan kode titik yang sesuai. Misalnya, huruf ‘A’ dalam Unicode ditentukan dengan kode titik U+0041. Namun, daftar ini bukanlah sebuah representasi karakter. Ini hanya daftar yang menerangkan karakter apa saja yang tersedia dan apa kode titiknya.

Menyimpulkan, representasi karakter harus datang dan mengambil kode titik tersebut, lalu merubahnya menjadi data biner yang dapat dimengerti oleh komputer. Ini disebut “pengkodean karakter”. Salah satu pengkodean karakter yang paling sering digunakan, dan yang bersifat kompatibel dengan Unicode, adalah UTF-8.

Jadi, dalam konteks ini, Unicode adalah suatu daftar yang memuat keseluruhan karakter, dan representasi karakter adalah metoda pengkodean yang merubah kode titik Unicode menjadi data biner. Dengan kata lain, representasi karakter adalah implementasi praktis dari standar Unicode dalam sistem komputer untuk menyimpan dan memanipulasi teks.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *