Sekolah

Perubahan Sosial sebagai Perubahan-Perubahan yang Terjadi dalam Struktur dan Fungsi Masyarakat merupakan Pengertian Perubahan Sosial Menurut

28
×

Perubahan Sosial sebagai Perubahan-Perubahan yang Terjadi dalam Struktur dan Fungsi Masyarakat merupakan Pengertian Perubahan Sosial Menurut

Sebarkan artikel ini
Perubahan Sosial sebagai Perubahan-Perubahan yang Terjadi dalam Struktur dan Fungsi Masyarakat merupakan Pengertian Perubahan Sosial Menurut

Perubahan sosial merupakan suatu konsep penting dalam bidang sosiologi dan ilmu sosial lainnya. Perubahan sosial berkaitan erat dengan dinamika dan perkembangan masyarakat yang terjadi sepanjang waktu. Terdapat banyak pemikiran dan pendapat mengenai apa yang dimaksud dengan perubahan sosial. Salah satu pengertiannya adalah perubahan sosial sebagai perubahan-perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat.

Struktur Masyarakat

Struktur masyarakat mencakup pola hubungan dan peran yang ada di dalam masyarakat. Struktur masyarakat menciptakan kerangka yang mengatur cara individu berinteraksi dan menjalani kehidupan sehari-hari. Ada berbagai komponen yang membentuk struktur masyarakat, seperti sistem kekerabatan, kelompok sosial, sistem ekonomi, sistem politik, dan sistem pendidikan. Perubahan di dalam struktur masyarakat dapat meliputi:

  1. Pergeseran dalam peran gender dan status.
  2. Perubahan organisasi dan distribusi kekuasaan.
  3. Terbentuknya atau berkurangnya kelompok sosial.
  4. Munculnya struktur ekonomi baru, seperti sistem kapitalis, sosialis atau mengalami perkembangan ekonomi digital.
  5. Perubahan dalam sistem pendidikan, seperti penerapan kurikulum baru atau pengenalan teknologi di dalam proses belajar-mengajar.

Fungsi Masyarakat

Fungsi masyarakat adalah peranan yang dimainkan oleh institusi dan sistem yang ada untuk menjaga keseimbangan dan keharmonisan kehidupan sosial. Beberapa institusi yang memainkan peran penting dalam menjalankan fungsi masyarakat antara lain keluarga, pendidikan, hukum, politik, dan agama. Perubahan dalam fungsi masyarakat meliputi perubahan dalam cara kerja institusi tersebut dan cara hubungan antar individu di dalamnya. Contoh perubahan dalam fungsi masyarakat meliputi:

  1. Transformasi peran keluarga, seperti transisi dari fungsi ekonomi dan reproduksi menjadi fungsi afektif dan pendidikan.
  2. Perubahan tujuan pendidikan, misalnya tujuan dari sekolah bergeser dari penyampaian pengetahuan menjadi pengembangan keterampilan dan kepribadian.
  3. Perubahan sistem politik, seperti perubahan dalam sistem pemerintahan atau terbentuknya pemerintahan baru.
  4. Globalisasi yang mempengaruhi cara individu berkomunikasi dan saling terhubung, serta perubahan identitas budaya.

Perubahan-perubahan di dalam struktur dan fungsi masyarakat merupakan bagian integral dari perubahan sosial. Perubahan sosial seringkali kompleks dan tidak selalu linier. Faktor-faktor penyebab perubahan sosial mencakup perubahan teknologi, perubahan ekonomi, perubahan politik, perubahan budaya, dan perubahan lingkungan. Perubahan sosial dapat memiliki dampak yang positif maupun negatif terhadap kehidupan individu dan kelompok masyarakat.

Jadi, jawabannya apa? Perubahan sosial sebagai perubahan-perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat merupakan pengertian perubahan sosial menurut sudut pandang yang menganggap perubahan masyarakat berasal dari perubahan dalam organisasi dan cara kerja institusi sosial yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *