Berita

Penduduk Desa Membutuhkan Hasil Industri dari Kota dan Penduduk Kota Membutuhkan Hasil Pertanian Dari Desa: Konsep Geografi yang Berkaitan

40
×

Penduduk Desa Membutuhkan Hasil Industri dari Kota dan Penduduk Kota Membutuhkan Hasil Pertanian Dari Desa: Konsep Geografi yang Berkaitan

Sebarkan artikel ini
Penduduk Desa Membutuhkan Hasil Industri dari Kota dan Penduduk Kota Membutuhkan Hasil Pertanian Dari Desa: Konsep Geografi yang Berkaitan

Mengkaji hubungan antara desa dan kota adalah dasar dari bidang studi yang akrab kita kenal dengan sebutan Ekonomi Wilayah atau Geografi. Pada hakikatnya, kota dan desa merupakan dua entitas yang tidak bisa dipisahkan dan saling ketergantungan antara dua wilayah tersebut mencakup bermacam aspek, mulai dari sosial, ekonomi, hingga budaya. Konsep geografi yang erat berkaitan dengan hal tersebut adalah konsep interpendensi ataupun keterkaitan regional.

Penduduk desa pada umumnya memiliki aktivitas yang berkaitan dengan pertanian dan perkebunan. Mereka menghasilkan berbagai produk pertanian mulai dari pangan, hortikultura, peternakan, sampai dengan bahan-bahan baku industri seperti karet dan sawit. Namun, dalam melaksanakan berbagai aktivitas tersebut, mereka membutuhkan berbagai alat dan mesin pertanian yang umumnya dihasilkan oleh industri yang berada di kota.

Di sisi lain, penduduk di kota yang kebanyakan berprofesi sebagai pegawai atau pekerja sektor industri, memerlukan berbagai hasil dari pertanian yang dihasilkan oleh penduduk di desa. Mereka mengkonsumsi berbagai produk pertanian tersebut untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari sekaligus untuk digunakan sebagai bahan baku produksi industri.

Konsep geografi yang berkaitan dengan hal ini adalah konsep interpendensi. Interpendensi mencakup objek-objek yang berinteraksi satu sama lain dengan hubungan yang bersifat saling mempengaruhi dan saling membutuhkan. Dalam hal ini, kota dan desa adalah dua objek yang saling berinteraksi, saling mempengaruhi, dan saling membutuhkan.

Pada titik ekstrem, interpendensi ini menggambarkan bentuk hubungan simbiosis mutualisme, di mana keduanya tidak hanya mempengaruhi, tetapi juga mendapatkan keuntungan dari hubungan tersebut. Desa mendapatkan keuntungan berupa produk dan teknologi industri yang bisa meningkatkan produktivitas mereka. Sebaliknya, kota mendapatkan keuntungan dari berbagai produk pertanian yang dapat memenuhi kebutuhan pokok penghuninya dan juga sebagai bahan baku bagi sektor industri.

Jadi, dalam konteks geografi, penduduk desa dan kota saling mempengaruhi dan saling membutuhkan satu sama lain untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidupnya. Desa membutuhkan teknologi dan produk dari kota untuk meningkatkan produktivitas, sedangkan kota memerlukan produk pertanian dari desa untuk memenuhi konsumsi dan kebutuhan industri. Interaksi antara desa dan kota ini memunculkan konsep interpendensi.

Jadi, jawabannya apa?

Jawabannya adalah konsep geografi yang berkaitan dengan hubungan ketergantungan antara kota dan desa adalah konsep interpendensi atau keterkaitan regional. Konsep ini menjelaskan bagaimana dua wilayah atau lebih saling berinteraksi, saling mempengaruhi, dan saling membutuhkan dalam memenuhi kebutuhan mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *