Sosial

Bagian Surat Lamaran Pekerjaan yang Berfungsi Sebagai Informasi Awal Terkait dengan Pekerjaan yang Akan Dilamar

56
×

Bagian Surat Lamaran Pekerjaan yang Berfungsi Sebagai Informasi Awal Terkait dengan Pekerjaan yang Akan Dilamar

Sebarkan artikel ini
Bagian Surat Lamaran Pekerjaan yang Berfungsi Sebagai Informasi Awal Terkait dengan Pekerjaan yang Akan Dilamar

Surat lamaran pekerjaan adalah elemen yang penting dalam proses pencarian kerja. Dalam surat lamaran pekerjaan, ada beberapa bagian yang memiliki peran khusus dan sangat krusial dan salah satunya adalah bagian yang berfungsi sebagai informasi awal terkait dengan pekerjaan yang akan dilamar.

Hal ini biasanya disebut sebagai bagian pembuka atau introduction. Bagian ini sangat vital karena akan memberikan kesan pertama kepada pihak pemberi kerja atau HRD yang akan menentukan apakah surat lamaran akan dibaca lebih lanjut atau tidak. Jadi, adalah penting untuk membuat bagian ini sejelas dan seefektif mungkin.

Fungsi Bagian Informasi Awal

Fungsi utama bagian informasi awal dalam surat lamaran kerja adalah untuk menyatakan niat pelamar dan membantu pihak pemberi kerja untuk memahami tujuan dari aplikasi pekerjaan tersebut. Informasi yang termuat dalam bagian ini biasanya adalah:

  • Posisi yang dilamar: Pelamar harus jelas menyatakan posisi apa yang dia lamar. Informasi ini tidak hanya penting untuk HRD tetapi juga membantu pelamar untuk menunjukkan bahwa surat lamaran tersebut disusun khusus untuk penerima surat tersebut.
  • Sumber informasi tentang lowongan pekerjaan: Pelamar harus mencantumkan informasi ini untuk membantu HRD mengetahui bagaimana pelamar mengetahui tentang lowongan pekerjaan tersebut.
  • Alasan pelamar tertarik dengan posisi ini: Secara singkat, pelamar harus menjelaskan mengapa mereka tertarik dengan posisi tersebut. Ini merupakan kesempatan untuk menunjukkan keterlibatan mereka dan pengetahuan mereka tentang perusahaan.

Cara Menulis Bagian Informasi Awal

Untuk menulis sebagian informasi awal yang efektif, ada beberapa kuncinya, yaitu:

  1. Sederhana dan Langsung: Hindari menggunakan bahasa yang rumit atau frasa yang tidak perlu. Rapi dan langsung adalah cara terbaik untuk melakukan pendekatan ini.
  2. Tunjukkan Antusiasme Anda: Tunjukkan bahwa Anda antusias tentang posisi tersebut dan ingin bergabung dengan perusahaan tersebut.
  3. Sesuaikan dengan Pekerjaan: Pastikan bahwa Anda tidak menggunakan template generik. Procurement Officer dan Marketing Executive memiliki tugas dan tanggung jawab yang sangat berbeda, jadi surat lamaran keduanya tidak bisa sama.

Dengan memahami fungsi dan cara penulisan bagian informasi awal dalam surat lamaran kerja, pelamar dapat meningkatkan peluang mereka untuk mendapatkan panggilan interview. Dengan demikian, pengetahuan ini sangat penting bagi siapa saja yang sedang mencari pekerjaan.

Jadi, jawabannya apa? Bagian surat lamaran pekerjaan yang berfungsi sebagai informasi awal terkait dengan pekerjaan yang akan dilamar adalah bagian pembuka atau introduction. Bagian ini sangat penting karena berfungsi untuk memperkenalkan diri, menyatakan posisi yang dilamar, sumber informasi tentang lowongan pekerjaan, dan alasan memilih posisi tersebut. Pelamar harus memaksimalkan bagian ini untuk menjadikan surat lamarannya lebih bertujuan, personal dan efektif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *