Paket

Proses Asosiasi yang Dianalogikan dengan Proses Penyesuaian Makhluk Hidup pada Lingkungan Disebut Dengan

33
×

Proses Asosiasi yang Dianalogikan dengan Proses Penyesuaian Makhluk Hidup pada Lingkungan Disebut Dengan

Sebarkan artikel ini
Proses Asosiasi yang Dianalogikan dengan Proses Penyesuaian Makhluk Hidup pada Lingkungan Disebut Dengan

Proses penyesuaian adalah kritik utama dalam kelangsungan hidup setiap spesies makhluk hidup. Mirip dengan proses itu, dalam konteks psikologis, manusia juga melakukan proses adaptasi tertentu ketika berhadapan dengan lingkungan baru atau situasi yang berubah. Ini disebut dengan konsep asosiasi.

Asosiasi dalam Psikologi

Dalam psikologi, asosiasi adalah proses menghubungkan dua atau lebih ide atau pengalaman dalam pikiran. Misalnya, jika seseorang selalu makan pizza saat nonton film di rumah, mereka mungkin mulai mengasosiasikan pizza dengan menonton film, dan sebaliknya. Proses ini sangat penting dalam pembelajaran dan pengenalan pola, membantu kita memaknai lingkungan dan membuat prediksi yang cerdas tentang apa yang akan terjadi selanjutnya.

Analogi dengan Proses Penyesuaian Makhluk Hidup pada Lingkungan

Proses asosiasi dapat dianalogikan dengan proses penyesuaian makhluk hidup dalam lingkungan baru. Makhluk hidup, mulai dari tumbuhan sampai hewan, memiliki kapasitas untuk beradaptasi dengan lingkungan mereka guna memastikan kelangsungan hidup mereka. Misalnya, pohon kaktus mampu menyimpan air dan mengurangi penguapan untuk bertahan di lingkungan gurun yang kering, sementara burung dapat merubah warna bulunya sesuai dengan lingkungan sekitar untuk menyembunyikan diri dari predator.

Demikian pula, manusia juga mampu beradaptasi dengan lingkungan fisik dan sosial mereka. Contohnya, kita mungkin belajar untuk berpakaian lebih hangat saat musim dingin atau mengubah perilaku kita dalam situasi sosial tertentu. Sama halnya dalam proses asosiasi, ini adalah cara kita memahami dan berinteraksi dengan dunia di sekitar kita.

Penutup

Setiap organisme di dunia ini, termasuk manusia, beradaptasi dengan lingkungan mereka sebagai bagian penting dari proses kelangsungan hidup. Dalam psikologi, proses ini dianalogikan dengan proses asosiasi, di mana kita menghubungkan pengalaman dan ide untuk membantu kita memahami dan berinteraksi dengan dunia. Jadi, proses asosiasi yang dianalogikan dengan proses penyesuaian makhluk hidup pada lingkungan disebut dengan adaptasi.

Jadi, jawabannya apa? Proses asosiasi yang dianalogikan dengan proses penyesuaian makhluk hidup pada lingkungan disebut dengan Adaptasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *