Sosial

Atom Oksigen memiliki Nomor Massa 16 dan 8 Neutron, Jumlah Elektron Valensi Atom Oksigen Adalah

64
×

Atom Oksigen memiliki Nomor Massa 16 dan 8 Neutron, Jumlah Elektron Valensi Atom Oksigen Adalah

Sebarkan artikel ini
Atom Oksigen memiliki Nomor Massa 16 dan 8 Neutron, Jumlah Elektron Valensi Atom Oksigen Adalah

Atom adalah unsur kimia terkecil yang terdiri dari inti atom dan elektron di sekelilingnya. Inti atom terdiri dari proton dan neutron. Sifat-sifat atom sebagian besar ditentukan oleh jumlah elektron valensinya – elektron di kulit terluar atom yang berpartisipasi dalam pembentukan ikatan kimia. Dalam artikel ini, kita akan mempelajari tentang struktur atom oksigen.

Struktur Atom Oksigen

Atom oksigen (O) adalah salah satu jenis atom yang paling sering dijumpai, baik dalam senyawa maupun secara bebas dalam atmosfer. Oksigen adalah unsur kelompok 16 (VI A) tabel periodik dengan nomor atom 8. Menurut hukum fisika dan kimia, nomor ini juga mencerminkan jumlah proton dalam inti atom dan jumlah elektron dalam keadaan netral.

Nomor massa suatu atom adalah jumlah total proton dan neutron dalam inti anatom. Dalam hal atom oksigen, nomor massanya adalah 16. Jadi, jika kita diketahui ada 8 proton (seperti yang disimpulkan dari nomor atomnya), maka ada 8 neutron di inti atom oksigen (16 – 8 = 8).

Sementara itu, dalam keadaan netral atom oksigen memiliki 8 elektron. Elektron ini tersebar dalam tiga kulit elektron: dua di kulit pertama, dan enam di kulit kedua. Kulit terluar, atau kulit valensi, adalah yang terlibat dalam pembentukan ikatan kimia.

Elektron Valensi Atom Oksigen

Elektron valensi adalah elektron yang berada pada kulit terluar atom dan berperan penting dalam proses pembentukan ikatan kimia. Sebagai unsur yang berada pada kelompok 16 tabel periodik, oksigen memiliki 6 elektron valensi.

Hal ini karena 6 elektron terakhir oksigen (dari total 8 elektronnya) menempati kulit orbit kedua, yang juga merupakan kulit valensinya. Elektron valensi ini yang membuat oksigen bisa bereaksi dengan berbagai unsur lainnya untuk membentuk senyawa, seperti oksida dan air.

Kesimpulan

Dengan demikian, atom oksigen, dengan nomor massa 16 dan 8 neutron, memiliki 8 elektron. Di antara elektron ini, 6 merupakan elektron valensi yang berada di kulit terluar atom. Inilah yang membuat oksigen memiliki kecenderungan yang tinggi untuk bereaksi dengan unsur lain dan ikut serta dalam berbagai proses kimia.

Jadi, jawabannya apa? Jumlah elektron valensi atom oksigen adalah 6.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *