Diskusi

Sebuah Atom Memiliki Nomor Atom 20 dan Nomor Massanya 42, Berarti Atom Tersebut Memiliki Jumlah

58
×

Sebuah Atom Memiliki Nomor Atom 20 dan Nomor Massanya 42, Berarti Atom Tersebut Memiliki Jumlah

Sebarkan artikel ini
Sebuah Atom Memiliki Nomor Atom 20 dan Nomor Massanya 42, Berarti Atom Tersebut Memiliki Jumlah

Struktur inti dari atom terdiri dari partikel subatom yaitu proton, neutron, dan elektron. Karakteristik dan sifat-sifat dari suatu atom ditentukan oleh nomor atom dan nomor massa atom tersebut. Ketika suatu atom memiliki nomor atom sebesar 20 dan nomor massanya 42, kita dapat menentukan jumlah proton, neutron, dan elektron atom tersebut.

Proton dan Nomor Atom

Nomor atom atau nomor atomik suatu atom merujuk pada jumlah proton yang ada di dalam inti atom. Angka ini memberikan identitas kepada elemen dan menentukan tempat elemen tersebut pada tabel periodik. Sebagai contoh, semua atom dengan nomor atom 20 adalah atom kalsium.

Dalam kasus atom yang kita bicarakan, nomor atom 20 berarti bahwa atom tersebut memiliki 20 proton dalam intinya. Oleh karena struktur atom biasanya netral, maka jumlah elektron yang ada juga sama, atau 20 elektron.

Neutron dan Nomor Massa

Nomor massa atom adalah jumlah dari proton dan neutron yang ada dalam inti atom. Jadi, dalam situasi dimana nomor atom adalah 20 dan nomor massa adalah 42, kita dapat menghitung jumlah neutron dalam inti atom. Rumus yang digunakan adalah nomor massa dikurangi nomor atom. Oleh karena itu kita mendapatkan:

Nomor Massa = Jumlah Proton + Jumlah Neutron42 = 20 + Jumlah NeutronJumlah Neutron = 42 - 20Jumlah Neutron = 22

Jadi, atom ini memiliki 22 neutron dalam intinya.

Kesimpulan

Sebuah atom yang memiliki nomor atom 20 dan nomor massanya 42 berarti memiliki 20 proton, 20 elektron dan 22 neutron. Kapasitas elektron atom ini dapat lebih lanjut dipecah menjadi 2 di shell pertama, 8 di shell kedua, dan 8 di shell ketiga (mengikuti aturan duplet dan oktet). Oleh karena itu, atom ini merupakan atom kalsium, karena atom kalsium memiliki nomor atom 20.

Jadi, jawabannya apa? Sebuah atom yang memiliki nomor atom 20 dan nomor massanya 42 memiliki 20 proton, 20 elektron, dan 22 neutron.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *