Market

Arca Yang Dipuja Sebagai Dewa Ilmu Pengetahuan Dan Penolak Bahaya Dalam Agama Hindu Ialah Arca

36
×

Arca Yang Dipuja Sebagai Dewa Ilmu Pengetahuan Dan Penolak Bahaya Dalam Agama Hindu Ialah Arca

Sebarkan artikel ini
Arca Yang Dipuja Sebagai Dewa Ilmu Pengetahuan Dan Penolak Bahaya Dalam Agama Hindu Ialah Arca

Agama Hindu adalah salah satu agama tertua di dunia yang memiliki peradaban yang sangat kaya dan beragam. Dalam agama ini, ada banyak dewa-dewi yang dipuja, masing-masing memiliki simbolisme dan tujuannya sendiri. Salah satu dewa yang dipuja dalam agama Hindu sebagai dewa ilmu pengetahuan dan penolak bahaya adalah Arca.

Arca bukanlah dewa yang biasa. Sebenarnya, istilah “arca” adalah kosakata Sanskerta yang berarti “bentuk” atau “gambar”. Di dalam konteks agama Hindu, arca mengacu pada representasi atau patung fisik dewa-dewa Hindu yang dijadikan sebagai objek pemujaan.

Dalam agama Hindu, masih ada perdebatan tentang siapa sebenarnya dewa ilmu pengetahuan dan penolak bahaya ini. Ada banyak opini dan interpretasi, tetapi yang paling umum dan luas diterima adalah Dewa Ganesha dan Dewa Saraswati.

Dewa Ganesha

Ganesha, juga dikenal sebagai Ganapati dan Vinayaka, ialah dewa yang betubuh gajah dan memiliki simbolisme yang kuat dalam agama Hindu. Dia dikenal sebagai dewa ilmu pengetahuan dan penolak bahaya. Sebagai “Pemecah Rintangan”, Ganesha sering dipuja di awal setiap upacara atau perayaan agama Hindu untuk memastikan semuanya berjalan lancar dan aman.

Arca Ganesha umumnya digambarkan dengan kepala gajah dan tubuh manusia, dengan perut buncit yang melambangkan pertumbuhan dan keberlimpahan.

Dewi Saraswati

Dewi Saraswati adalah dewi Hindu lainnya yang juga sering dihubungkan dengan ilmu pengetahuan. Dia adalah simbol hikmat, kesenian, dan pengetahuan. Saraswati sering digambarkan dengan melambangkan kebijaksanaan dan pengetahuan.

Arca Saraswati biasanya digambarkan dengan empat tangan, di mana dia membawa buku, mala, dan vina, sebuah alat musik string tradisional India.

Dalam kaitannya dengan ilmu pengetahuan, baik Ganesha dan Saraswati memiliki peran yang sangat penting. Ganesha mewakili qudrah dan kekuatan untuk mengatasi rintangan sementara Saraswati mewakili kebijaksanaan dan pengetahuan.

Arca-arca ini sering ditemukan di kuil-kuil Hindu dan juga di rumah-rumah penganut Hindu sebagai bagian dari altar pribadi mereka. Oleh karena itu, masyarakat Hindu sering melakukan ritual dan doa kepada arca ini untuk meminta perlindungan, keselamatan dan pengetahuan.

Jadi, jawabannya apa? Arca yang dipuja sebagai dewa ilmu pengetahuan dan penolak bahaya dalam agama Hindu adalah arca Dewa Ganesha dan Dewi Saraswati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *