Market

Sifat Kemagnetan Suatu Benda Akan Hilang Jika Dipukul-pukul Atau Dipanaskan, Mengapa Demikian?

35
×

Sifat Kemagnetan Suatu Benda Akan Hilang Jika Dipukul-pukul Atau Dipanaskan, Mengapa Demikian?

Sebarkan artikel ini
Sifat Kemagnetan Suatu Benda Akan Hilang Jika Dipukul-pukul Atau Dipanaskan, Mengapa Demikian?

Kemagnetan adalah fenomena fisika yang berhubungan dengan medan magnet. Setiap benda magnet memiliki kutub utara dan kutub selatan yang menarik dan menolak objek lain yang memiliki sifat magnet. Namun, sifat kemagnetan pada benda ini bisa hilang jika dipukul-pukul atau dipanaskan. Pertanyaannya, mengapa hal ini terjadi?

Struktur Atom dan Kemagnetan

Magnet permanen terbuat dari bahan feromagnetik, seperti besi, nikel, dan kobalt. Sifat kemagnetan ini berasal dari struktur dan susunan atom pada bahan tersebut. Setiap atom memiliki elektron yang berputar mengelilingi inti, serta medan magnetik yang dibentuk oleh pergerakan ini. Jika elektron berputar dalam arah yang sama, maka medan magnetik tersebut akan menjadi lebih kuat dan membentuk domain magnetik.

Domain magnetik adalah daerah kecil di dalam materi magnetik di mana atom-atom disusun secara teratur dan medan magnetiknya saling kuatkan. Dalam bahan feromagnetik, jika domain-domain magnetik tersusun secara rapi, hal ini akan menciptakan medan magnet makroskopik kuat.

Dampak Dipukul-pukul dan Dipanaskan pada Kemagnetan

Dipukul-pukul atau dipanaskan, akan menyebabkan perubahan pada struktur atom benda magnetik yang pada akhirnya melemahkan atau bahkan menghilangkan sifat magnetik pada benda tersebut.

  1. Dipukul-pukul: Memukul magnet akan menghasilkan gelombang mekanik yang merambat melalui benda tersebut. Gelombang ini akan mengubah susunan struktur atom dan menjadikan domain magnetik semakin acak, yang mengakibatkan medan magnet makroskopik menjadi lemah atau hilang sepenuhnya.
  2. Dipanaskan: Ketika suatu benda dipanaskan, energi termal yang ditambahkan akan menyebabkan partikel-partikel (elektron, proton, dan neutron) di dalam atom bergerak dengan lebih cepat dan acak. Seperti halnya dipukul, pemanasan juga akan menciptakan perubahan susunan atom, yang akan menyebabkan domain magnetik menjadi kurang teratur dan melemahkan medan magnet makroskopik. Jika suhu benda magnetik ini melebihi suatu titik yang disebut “Curie temperature”, maka sifat magnetiknya akan hilang sepenuhnya.

Jadi, jawabannya apa? Sifat kemagnetan suatu benda akan hilang jika dipukul-pukul atau dipanaskan karena perubahan struktur atom dan susunan domain magnetik menjadi kurang teratur. Dalam kondisi tersebut, medan magnet makroskopik pun melemah atau hilang sepenuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *