Paket

Akar Tanaman Dapat Terus Tumbuh ke Bawah Tanah Karena Adanya Pengaruh Hormon

36
×

Akar Tanaman Dapat Terus Tumbuh ke Bawah Tanah Karena Adanya Pengaruh Hormon

Sebarkan artikel ini
Akar Tanaman Dapat Terus Tumbuh ke Bawah Tanah Karena Adanya Pengaruh Hormon

Mengapa akar tanaman tumbuh ke arah bawah dan bukan ke arah lain? Kubah bumi? Gravitasi? Ya, pastinya faktor-faktor tersebut bermain peran, namun ada juga atribut penting lainnya yang mungkin tidak kita sadari: hormon tanaman.

Pengenalan: Pertumbuhan Akar dan Anatominya

Untuk memahami fenomena ini, mari kita terlebih dahulu memahami tentang pertumbuhan akar itu sendiri dan bagaimana strukturnya.

Akar tumbuh ke arah bawah untuk mendapatkan air dan nutrisi dari dalam tanah. Proses ini vital untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Dalam anatomi tanaman, bagian yang dipicu untuk bertumbuh dalam respons terhadap gravitasi disebut akar utama atau akar primer. Ini adalah bagian tunggal yang tumbuh langsung dari benih segera setelah germinasi.

Hormon Tanaman dan Geotropisme

Baik, mari kita bicara tentang apa yang sebenarnya mendorong pertumbuhan ini. Di sinilah hormon tanaman memasuki gambaran.

Hormon dalam tanaman bekerja sedikit berbeda dari cara kerja hormon dalam tubuh manusia ataupun hewan. Hormon tanaman, dikenal sebagai fitohormon, berperan dalam mengatur pertumbuhan, perkembangan, dan perkembangan tanaman. Salah satu kelompok hormon ini, yang dikenal sebagai auxin, memainkan peran penting dalam proses yang disebut geotropisme negatif.

Geotropisme negatif adalah tindak balas hidup bergerak ke arah atau menjauhi gravitasi. Dalam hal ini, auxin mengumpul di sisi akar yang menghadap ke atas (jauh dari gravitasi), merangsang sel-sel di sisi ini untuk memperpanjang dan mengakibatkan akar ‘melengkung’ ke bawah dalam respon terhadap gravitasi.

Bagaimana Akar Tumbuh ke Bawah di Medan Berat?

Memang benar bahwa akar tumbuh ke bawah dalam gravitasi. Namun, prosesnya diatur oleh interaksi yang rumit antara auxin dan medan gravitasi itu sendiri. Saat gravitasi bertindak pada tanaman, auxin diarahkan ke bagian bawah akar. Hal ini menyebabkan sel-sel di bagian bawah akar tumbuh lebih lambat dari sel-sel di bagian atas, menciptakan tumbukan yang mendorong pertumbuhan akar ke bawah.

Jadi, Jawabannya Apa?

Jadi, jawabannya adalah akar tanaman dapat terus tumbuh ke bawah tanah bukan hanya disebabkan oleh pengaruh gravitasi, namun juga oleh adanya pengaruh hormon tanaman, khususnya auxin, yang mengatur pertumbuhan ini dalam respon terhadap gravitasi. Kombinasi peran yang dimainkan oleh auxin dan gravitasi memastikan bahwa akar tumbuh ke arah yang paling bermanfaat bagi tanaman, yaitu menuju air dan nutrisi. Dengan demikian, peran fitohormon dalam regulasi pertumbuhan tanaman menjadi penting dalam menentukan bagaimana dan di mana akar tanaman bertumbuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *