Sosial

Legenda Hewan Apa yang Berhubungan Dengan Terbentuknya Kota Surabaya?

48
×

Legenda Hewan Apa yang Berhubungan Dengan Terbentuknya Kota Surabaya?

Sebarkan artikel ini
Legenda Hewan Apa yang Berhubungan Dengan Terbentuknya Kota Surabaya?

Salah satu kota di Indonesia yang paling dikenal adalah Surabaya. Tidak hanya karena ukuran dan perannya dalam ekonomi negara, tetapi juga cerita dan legenda yang membantu membentuk identitasnya. Menurut legenda, cerita seputar terbentuknya kota Surabaya, sebenarnya berpusat pada dua hewan, yaitu Sura atau ikan hiu dan Baya atau buaya. Mari kita telusuri lebih jauh untuk mengetahui bagaimana dua hewan ini berperan dalam legenda Surabaya.

Sejarah Singkat Kota Surabaya

Surabaya, yang sekarang merupakan pusat bisnis dan administrasi di Jawa Timur, dahulunya adalah sebuah kota pelabuhan penting di Asia Tenggara. Nama Surabaya sendiri berarti “pertarungan antara Sura (hiu) dan Baya (buaya)”, yang menjadi titik awal dari munculnya legenda tersebut.

Asal Mula Legenda Hiu dan Buaya

Legenda mengatakan bahwa dahulu kala, ada dua mahkluk kuat, Sura yang merupakan ikan hiu dan Baya yang merupakan buaya. Keduanya hidup di wilayah yang sama, namun Sura hidup di lautan dan Baya hidup di sungai. Sura dan Baya selalu berkompetisi untuk memperebutkan wilayah dan sumber makanan.

Suatu hari, mereka memutuskan untuk mengadakan sebuah pertarungan. Mereka sepakat bahwa siapa pun yang menang dalam pertempuran tersebut berhak mengklaim wilayah tersebut selamanya. Setelah pertarungan sengit, keduanya mengalami luka parah dan akhirnya menjatuhkan nyawa. Dari lokasi pertarungan mereka, akhirnya muncul sebuah kota, yang kini dikenal sebagai Surabaya.

Makna Simbolis Legenda Surabaya

Legenda ini sebenarnya memiliki makna simbolis yang dalam. Hiu dan buaya melambangkan dua kekuatan yang saling bertarung, bisa dikaitkan dengan pertentangan antara kekuatan maritim dan darat. Selain itu, cerita ini juga memberikan pesan moral tentang konsekuensi negatif dari pertarungan dan persaingan yang berlebihan, yang bisa berakibat pada kehancuran kedua belah pihak.

Surabaya menggunakan gambaran ini dalam lambang kota, dimana terdapat hiu dan buaya yang sedang bertarung. Ini tidak hanya sebuah simbol visual yang kuat, tetapi juga sebuah pengingat atas sejarah dan legenda kota ini.

Penutup

Meskipun sebuah legenda, cerita ikan hiu dan buaya ini merupakan bagian integral dari identitas Surabaya. Legenda ini membantu memberikan pemahaman mengenai asal-usul kota ini dan memberikan nilai-nilai penting yang masih relevan dengan masyarakat Surabaya sampai hari ini. Selanjutnya, legenda ini juga memberikan kita wawasan tentang budaya dan sejarah Indonesia yang kaya dan variatif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *