Sekolah

Jelaskan Tentang Peraturan Lapangan Permainan Sepak Bola

30
×

Jelaskan Tentang Peraturan Lapangan Permainan Sepak Bola

Sebarkan artikel ini
Jelaskan Tentang Peraturan Lapangan Permainan Sepak Bola

Sepak bola adalah olahraga yang populer dan dapat dimainkan hampir di mana saja, namun untuk pertandingan resmi, ada serangkaian peraturan yang mengatur lapangan dan infrastruktur yang dibutuhkan.

Ukuran Lapangan

Dalam sepak bola, ukuran lapangan sangat penting. Sebuah lapangan sepak bola standar, seperti yang ditetapkan oleh Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA), memiliki panjang yang berkisar antara 90-120 meter dan lebar 45-90 meter untuk pertandingan internasional. Sedangkan untuk pertandingan non-internasional, panjangnya berkisar antara 90-120 meter dan lebar 45-90 meter. Batas minimum dan maksimum ini memastikan keseragaman dan persaingan yang adil.

Tanda dan Penanda

Lapangan sepak bola harus ditandai dengan jelas. Garis batas harus continue dan sama lebar, tidak lebih dari 12 cm. Ada garis gawang di kedua ujung lapangan, dan garis samping di kedua sisinya. Lingkaran tengah, dengan radius 9,15 meter, menandai di mana permainan dimulai atau dilanjutkan setelah gol dicetak atau pada awal babak kedua.

Daerah kotak penalti, di depan masing-masing gawang, berukuran 16,5 meter dari tiap tiang gawang dan menjauh 16,5 meter ke lapangan. Dalam kotak penalti, area khusus berbentuk 6 yard juga ditandai.

Gawang

Gawang sepak bola berada di tengah-tengah tiap garis gawang. Ini berbentuk persegi panjang, dengan bagian dalam berukuran 7,32 meter dalam panjang (antara tiang gawang) dan 2,44 meter dalam ketinggian (dari tanah ke bagian atas gawang).

Perawatan Lapangan

Lapangan harus dikelola dengan baik. Rumput harus dipangkas dan dirawat, dan tidak ada benda asing yang boleh ada di lapangan selama pertandingan. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga keselematan pemain dan memastikan kelancaran pertandingan.

Area Teknik

Untuk pertandingan dimana protokol kompetisi memerlukan area teknik, area ini harus ditandai di luar garis samping. Ini merupakan area di mana pelatih dan pemain cadangan duduk. Lebar maksimum area teknik adalah sama dengan lebar area pertandingan pemain.

Dengan pengetahuan tentang peraturan dan persyaratan lapangan sepak bola, kita dapat lebih memahami dan menghargai kompleksitas dan nuansa dari olahraga yang dinikmati oleh miliaran orang di seluruh dunia. Keseragaman ini memastikan bahwa semua tim bermain dengan kesempatan yang sama untuk menang, dan bahwa semua pertandingan dipengaruhi oleh keterampilan dan strategi, bukan oleh faktor lapangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *