Guru

Setelah BPUPKI Dibubarkan, Kemudian Dibentuk…

31
×

Setelah BPUPKI Dibubarkan, Kemudian Dibentuk…

Sebarkan artikel ini
Setelah BPUPKI Dibubarkan, Kemudian Dibentuk…

Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) adalah lembaga yang dibentuk oleh pemerintah Jepang pada tanggal 1 Maret 1945 guna menyelidiki upaya persiapan kemerdekaan Indonesia. BPUPKI berjumlah 59 orang anggota yang terdiri atas perwakilan dari berbagai daerah di Indonesia.

Setelah menjalankan perannya sejak ditugaskan, akhirnya BPUPKI dibubarkan pada 7 Agustus 1945. Bubarnya BPUPKI ini diikuti dengan pembentukan lembaga baru yang memiliki pedoman dan orientasi yang berbeda.

Pembentukan PPKI

Lembaga yang dibentuk menggantikan BPUPKI adalah Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI), lembaga ini dibentuk pada tanggal 7 Agustus 1945 sehari setelah BPUPKI dibubarkan. Pada tanggal 8 Agustus 1945, Jepang menyerahkan mandatnya kepada PPKI, dan PPKI diberikan tugas untuk mempersiapkan segala keperluan kemerdekaan Indonesia, termasuk membicarakan dan merumuskan dasar negara dan konstitusi Republik Indonesia.

Peran dan Kontribusi PPKI

Selama periode berjalannya, PPKI telah melakukan beberapa kegiatan penting untuk negara Indonesia. Pada tanggal 18 Agustus 1945, PPKI berhasil merumuskan dan mengesahkan Undang-Undang Dasar 1945 sebagai dasar hukum negara Republik Indonesia. Kemudian, PPKI juga menetapkan Presiden dan Wakil Presiden pertama Indonesia, yakni Soekarno dan Mohammad Hatta.

PPUPKI dan PPKI, Mengantar Indonesia Menuju Kemerdekaan

Setelah BPUPKI dibubarkan, kemudian dibentuk PPKI, merupakan sebuah proses panjang dan berliku dalam perjalanan Indonesia menuju kemerdekaan. Lembaga-lembaga ini berperan penting dalam menyusun dasar hukum dan menyiapkan logistik yang diperlukan untuk berdirinya sebuah negara baru.

Meskipun dibentuk oleh pemerintah Jepang, keduanya berperan vital dalam membangun dan membentuk negara Indonesia yang berdaulat, berkedaulatan rakyat, dan berkedaulatan hukum. Dari sinar mereka, kita dapat merasakan betapa kuat dan gigihnya perjuangan para pendiri bangsa ini dalam melawan penjajahan dan mendirikan negara yang kita cintai ini.

Kesimpulan

Dalam setiap proses penting di sejarah, terdapat perubahan dan perkembangan. Setelah BPUPKI dibubarkan, kemudian dibentuk PPKI, merupakan salah satu babak dalam perjuangan bangsa Indonesia menuju kemerdekaan. Dengan semangat dan tekad yang kuat, para pejuang kemerdekaan berhasil membawa Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945. Pembubaran BPUPKI dan pembentukan PPKI merupakan momentum sejarah yang penting di ingatan bangsa ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *