Buku

Tahun Berapa Permainan Bola Voli Diciptakan?

39
×

Tahun Berapa Permainan Bola Voli Diciptakan?

Sebarkan artikel ini
Tahun Berapa Permainan Bola Voli Diciptakan?

Bola voli adalah salah satu olahraga yang paling populer di dunia, dinikmati oleh jutaan orang di berbagai negara. Namun, apakah Anda tahu kapan permainan bola voli sebenarnya diciptakan?

Permainan bola voli pertama kali diciptakan pada tahun 1895 oleh William G. Morgan, seorang pendidik jasmani di Young Men’s Christian Association (YMCA) di Holyoke, Massachusetts, Amerika Serikat. Morgan mencari permainan bersukan yang baru dan menarik yang dapat melibatkan sejumlah besar peserta sambil mengurangi risiko cedera. Dari keinginan tersebut, bola voli atau aslinya disebut “mintonette” lahir.

Nama “volleyball” atau bola voli baru diperkenalkan oleh Alfred Halstead pada tahun yang sama setelah melihat bagaimana permainan tersebut dimainkan, dengan bola yang “dihantam bolak-balik” atau “diterbangkan” melewati jaring. Kemudian, nama tersebut akhirnya melekat dan digunakan hingga saat ini.

Perkembangan permainan bola voli sendiri telah mengalami berbagai perubahan dan penyesuaian aturan seiring berjalannya waktu. Misalnya, asal mula permainan bola voli menggunakan jaring yang mirip dengan jaring tenis dengan melemparkan bola berisi udara secara bergantian hingga salah satu tim tidak bisa mengembalikan bola tersebut. Sedangkan, aturan yang diterapkan saat ini umumnya memperbolehkan setiap tim untuk memukul bola sebanyak tiga kali sebelum bola tersebut kembali ke tim lawan.

Sejak penciptaannya, bola voli telah menyebar ke seluruh dunia dan merupakan bagian integral dari berbagai event olahraga internasional seperti Olimpiade. Dan bukan hanya versi tradisionalnya, variasi baru seperti pantai bola voli juga telah mendapatkan popularitas luas dan pengakuan internasional, menunjukkan fleksibilitas dan daya tarik olahraga ini.

Tentu saja, kita harus berterima kasih kepada William G. Morgan yang telah menciptakan olahraga yang menarik ini. Dan sekarang, lebih dari seabad setelah diciptakan, bola voli tetap menjadi olahraga yang sangat populer dan dinikmati oleh berbagai kalangan, memberikan kesenangan dan kompetisi sengit untuk jutaan penggemarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *