Market

Jelaskan Senyawa yang Terdapat pada Air Laut Sebelum di Olah Menjadi Garam

61
×

Jelaskan Senyawa yang Terdapat pada Air Laut Sebelum di Olah Menjadi Garam

Sebarkan artikel ini
Jelaskan Senyawa yang Terdapat pada Air Laut Sebelum di Olah Menjadi Garam

Air laut merupakan tempat hidup bagi berbagai jenis flora dan fauna. Namun, tidak hanya itu, air laut juga menyimpan berbagai senyawa kimia yang penting bagi kehidupan dan industri. Salah satunya adalah garam. Namun, air laut sebelum diolah menjadi garam mengandung berbagai senyawa lainnya. Berikut ini akan dijelaskan tentang senyawa-senyawa tersebut.

1. Natrium Klorida (NaCl)

Natrium klorida atau lebih dikenal sebagai garam adalah senyawa utama yang bisa diambil dari air laut. Kandungan natrium klorida menjadi sekitar 78% dari semua garam yang terlarut dalam air laut.

2. Magnesium (Mg)

Magnesium adalah senyawa kedua terbanyak yang terkandung dalam air laut. Magnesium penting untuk berbagai fungsi tubuh manusia dan merupakan mineral penting yang diperlukan oleh tubuh.

3. Kalsium (Ca) dan Kalium (K)

Dua senyawa lainnya yang bisa ditemukan dalam air laut adalah kalsium dan kalium. Kalsium penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang, sementara kalium penting untuk fungsi otot dan saraf.

4. Sulfat (SO4)

Sulfat adalah bagian penting dari berbagai proses dalam tubuh manusia dan hewan, seperti sintesis protein dan enzim. Sulfat juga bisa ditemukan dalam jumlah yang cukup besar dalam air laut.

5. Bicarbonat (HCO3) dan Bromida (Br)

Bicarbonat dan bromida juga dihasilkan dari air laut. Meski jumlahnya tidak sebanyak senyawa lainnya, kedua senyawa ini juga penting dalam berbagai fungsi kimia di dalam tubuh.

6. Jejak Mineral

Selain senyawa di atas, air laut juga mempunyai kandungan mineral jejak seperti zat besi, tembaga, mangan, dan seng. Meskipun jumlahnya kecil, mineral ini memiliki peran penting dalam berbagai fungsi biologis.

Proses pengolahan air laut menjadi garam melibatkan pengendapan dan penguapan, di mana air laut dipanaskan hingga airnya menguap dan meninggalkan garam dan senyawa lainnya. Beberapa senyawa lainnya akan terurai atau dipisahkan melalui proses industri lainnya.

Jadi, jawabannya apa? Dalam air laut terkandung berbagai senyawa yang sangat penting bagi kehidupan dan industri. Garam atau natrium klorida hanyalah satu dari sekian banyak senyawa dalam air laut yang bisa dimanfaatkan manusia. Selain itu, air laut juga mengandung magnesium, kalsium, kalium, sulfat, bicarbonat, bromida, dan berbagai mineral jejak. Dan semua senyawa ini ada sebelum air laut diolah menjadi garam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *