Diskusi

Sistem Operasi Baik Komputer Maupun Smartphone Yang Dapat Menjalankan Zotero Maupun Mendeley

36
×

Sistem Operasi Baik Komputer Maupun Smartphone Yang Dapat Menjalankan Zotero Maupun Mendeley

Sebarkan artikel ini
Sistem Operasi Baik Komputer Maupun Smartphone Yang Dapat Menjalankan Zotero Maupun Mendeley

Berikut beberapa sistem operasi baik untuk komputer maupun smartphone yang mendukung penggunaan aplikasi pengelolaan referensi seperti Zotero dan Mendeley.

Zotero

Zotero merupakan aplikasi yang memudahkan peneliti, mahasiswa, dan akademisi dalam mengelola referensi atau sumber informasi pada penelitian atau artikel ilmiah.

Windows

Zotero mendukung sistem operasi Windows 7 atau lebih baru. Pengguna bisa meng-install standalone version Zotero yang tersedia melalui situs resminya dan kemudian mengintegrasikannya dengan berbagai penyunting teks seperti Microsoft Word dan LibreOffice.

macOS

Zotero juga kompatibel dengan macOS 10.11 atau lebih baru. Hal ini membuatnya dapat berjalan pada sebagian besar perangkat Mac modern.

Linux

Pengguna Linux juga dapat meng-install Zotero, khususnya untuk distribusi yang berbasis Ubuntu dan Fedora, Zotero pun menyediakan opsi instalasi via tarball yang memungkinkan pengguna sistem operasi Linux lainnya untuk menginstallnya.

Zotero Connector

Untuk penggunaan pada smartphone, Zotero menyediakan ‘Zotero Connector’ yang bekerja sebagai ekstension di peramban seperti Chrome, Firefox, dan Safari. Sayangnya, belum ada aplikasi khusus Zotero yang dirancang untuk sistem operasi mobile.

Mendeley

Mendeley juga merupakan aplikasi pengelolaan referensi yang populer dan mendukung beberapa sistem operasi utama.

Windows

Mendeley mendukung sistem operasi Windows 7, 8.1, dan 10.

macOS

Mendeley mendukung sistem operasi macOS 10.10 atau lebih baru.

Linux

Untuk pengguna Linux, Mendeley mendukung sistem operasi berbasis Debian dan Red Hat/Fedora. Sistem operasi lainnya yang kompatibel juga termasuk dalam aplikasi ini, misalnya Ubuntu.

Android dan iOS

Berbeda dengan Zotero, Mendeley menyediakan aplikasi mobile untuk pengguna Android dan iOS, selain juga menyediakan plugin untuk peramban.

Jadi, jawabannya apa? Dalam konteks komputer, sistem operasi yang dapat menjalankan Aplikasi Zotero dan Mendeley mencakup Windows, macOS, dan Linux. Sementara itu, dalam konteks smartphone, sementara Mendeley mendukung Android dan iOS, Zotero hanya dapat diakses melalui konektor peramban.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *