Buku

Dalam Permainan Bola Basket, Teknik untuk Memulai Pertandingan Adalah dengan Cara Melakukan Sentuhan Pertama yang Disebut dengan …

22
×

Dalam Permainan Bola Basket, Teknik untuk Memulai Pertandingan Adalah dengan Cara Melakukan Sentuhan Pertama yang Disebut dengan …

Sebarkan artikel ini
Dalam Permainan Bola Basket, Teknik untuk Memulai Pertandingan Adalah dengan Cara Melakukan Sentuhan Pertama yang Disebut dengan …

Bola basket merupakan salah satu olahraga yang digemari oleh banyak orang di seluruh dunia. Pertandingan bola basket, sama seperti olahraga lainnya, memiliki aturan dan teknik yang harus ditaati. Salah satu tahap penting dalam permainan bola basket adalah untuk memulai pertandingan. Melakukan sentuhan pertama dalam permainan bola basket disebut dengan teknik jump ball.

Apa itu Jump Ball?

Jump ball adalah metode yang digunakan oleh wasit untuk memulai pertandingan atau memulai kembali permainan setelah terjadi situasi held ball (saat dua atau lebih pemain berusaha mengambil bola secara bersamaan). Dalam jump ball, wasit akan melemparkan bola ke atas di antara dua pemain yang berhadapan langsung satu sama lain. Kedua pemain kemudian akan berusaha untuk menyentuh atau menangkap bola agar pihaknya mendapatkan hak untuk menguasai bola.

Prosedur Jump Ball

  1. Sebelum memulai jump ball, wasit akan memastikan bahwa beban berat kedua pemain yang akan ‘melompat’ sebanding. Hal ini untuk menjaga keseimbangan dan sportivitas dalam permainan.
  2. Wasit akan meminta kedua pemain untuk berdiri menghadap ke daerah masing-masing, dengan kaki mereka mendekati pusat lingkaran yang ada di lapangan. Mereka harus berdiri dengan satu kaki di depan dan satu kaki di belakang, memastikan posisi yang nyaman.
  3. Kemudian, wasit akan melemparkan bola ke atas di tengah-tengah kedua pemain yang akan melompat. Bola harus dilempar dengan kecepatan dan ketinggian yang memungkinkan kedua pemain memiliki kesempatan yang sama untuk menyentuh bola.
  4. Kedua pemain akan melompat untuk mencoba menyentuh atau menangkap bola saat mencapai puncaknya. Tim yang berhasil menyentuh atau menangkap bola dengan salah satu pemainnya akan mendapatkan hak untuk menguasai bola dan memulai pertandingan.
  5. Jika jump ball tidak berhasil pada percobaan pertama, wasit akan mengulanginya sampai salah satu tim berhasil mendapatkan bola.

Jump ball sangat penting dalam permainan bola basket. Teknik yang baik dalam jump ball dapat memberikan tim keuntungan dalam memulai pertandingan dengan ‘langkah kanan’. Penggunaan strategi yang cerdas, keterampilan fisik yang baik, dan kerja sama tim dalam menghadapi jump ball dapat menjadi salah satu kunci keberhasilan tim.

Jadi, jawabannya apa? Dalam permainan bola basket, teknik untuk memulai pertandingan adalah dengan cara melakukan sentuhan pertama yang disebut dengan jump ball.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *