Market

Dalam Islam Nantinya Akan Terbagi Menjadi 73 Golongan, Berapa Golongan yang Nantinya Akan Masuk Surga?

35
×

Dalam Islam Nantinya Akan Terbagi Menjadi 73 Golongan, Berapa Golongan yang Nantinya Akan Masuk Surga?

Sebarkan artikel ini
Dalam Islam Nantinya Akan Terbagi Menjadi 73 Golongan, Berapa Golongan yang Nantinya Akan Masuk Surga?

Dalam ajaran Islam, diketahui bahwa umat Muslim nantinya akan terbagi menjadi 73 golongan. Pemahaman ini berdasarkan Hadits yang diriwayatkan dari Nabi Muhammad SAW. “Umatku akan terpecah menjadi 73 golongan, satu golongan masuk surga dan 72 golongan masuk neraka.” (HR. Ahmad, Tirmidzi, dan Ibnu Majah)

Golongan-golongan ini diasumsikan merujuk kepada berbagai aliran dan interpretasi dalam Islam yang dapat berbeda dalam beberapa hal pendapat dan praktek. Meski demikian, masing-masing golongan percaya bahwa mereka berada di jalan yang benar.

Pertanyaan yang kemudian menjadi polemik di kalangan umat Islam adalah, golongan mana yang akan masuk surga?

Dalam hadits lainnya, Rasulullah SAW telah menjelaskan golongan yang dimaksud. Beliau bersabda, “Mereka adalah (golongan) yang ada di atas apa yang aku dan para sahabatku jalani hari ini.” (HR.Abu Dawud dan Tirmidzi)

Dari penjelasan tersebut, dapat dimengerti bahwa golongan yang dimaksud adalah golongan yang menjalani ajaran Islam sesuai dengan apa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya.

Golongan inilah, yang sering juga disebut Ahlus Sunnah Wal Jama’ah, merupakan satu-satunya golongan yang sesuai hadits tersebut, akan masuk surga. Mereka berpegang teguh pada Al-Qur’an dan Hadits sebagai sumber petunjuk hidup, dan berusaha mengikuti apa yang diajarkan dan dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya dalam menjalankan ajaran Islam.

Bukankah perbedaan dan keragaman adalah bagian dari kekayaan dan keniscayaan? Maka, bagaimana dengan 72 golongan lainnya?

Sebaiknya, kita memahami bahwa hadits tentang 73 golongan ini bukanlah alat untuk saling menghakimi dan menjatuhkan sesama Muslim yang berbeda pendapat dan pemahaman. Tujuan utama kita sebagai umat Muslim adalah berusaha meningkatkan kualitas ibadah dan akhlak kita, serta memperdalam pemahaman tentang ajaran Islam, berdasarkan Al-Qur’an dan Hadits.

Terpenting, selalu ingat bahwa penilaian akhir tentang iman dan amal kita ada di tangan Allah SWT, Sang maha Pemurah dan Penyayang. Apa pun golongan atau aliran yang kita ikuti, kita semua berupaya untuk mencapai Ridho-Nya dan surga-Nya.

Jadi, jawabannya apa? Satu golongan, yaitu golongan yang menjalani ajaran Islam sesuai dengan apa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya, yang akan dijamin masuk surga. Semoga kita semua termasuk dalam golongan tersebut. Amin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *