Pengetahuan

Manakah Pernyataan Yang Benar Tentang Deskripsi Antiparalel Dari Dua Untai?

26
×

Manakah Pernyataan Yang Benar Tentang Deskripsi Antiparalel Dari Dua Untai?

Sebarkan artikel ini
Manakah Pernyataan Yang Benar Tentang Deskripsi Antiparalel Dari Dua Untai?

Dalam dunia biologi dan genetika, kita akan sering menemui istilah-istilah dan deskripsi yang mungkin terdengar kompleks dan membingungkan. Salah satu istilah tersebut adalah “antiparalel”, yang sering kali digunakan dalam konteks relasi dua untai dalam struktur DNA. Untai DNA berarah dan dua untai tersebut berorientasi secara antiparalel. Namun, apa itu antiparalel dan bagaimana melaluinya kita bisa mendeskripsikan dua untai ini?

Deskripsi Antiparalel

‘Deskripsi antiparalel’ merujuk ke orientasi molekuler di mana molekul berada dalam posisi berseberangan satu sama lain dalam urutan yang berlawanan. Istilah ini paling sering digunakan dalam konteks struktur DNA double helix, di mana dua untai molekul DNA berorientasi secara antiparalel. Dalam konteks ini, ujung satu untai yang diidentifikasi sebagai ‘5-prime’ (5’) berada bersebelahan dengan ujung untai lain yang diidentifikasi sebagai ‘3-prime’ (3’). Setelah itu, struktur ini memutar dan bergulir, sehingga ujung 5′ untai kedua berada bersebelahan dengan ujung 3′ untai pertama.

Fakta tentang Dua Untai Antiparalel

  1. Arah Untai: Seperti yang telah disebutkan, satu untai DNA bergerak dari arah 5′ ke 3′, dan untai yang lain bergerak dari arah 3′ ke 5′. Hal ini penting dalam proses replikasi DNA dan transkripsi, karena selalu dimulai dari ujung 5′ dan bergerak ke ujung 3′.
  2. Basanya saling Melengkapi: Untai DNA yang satu komplementer terhadap untai yang lain. Hal ini berarti bahwa jika pada satu untai terdapat basa adenin, maka pada untai yang sesuai pada posisi yang sama akan ada basa timin. Demikian pula, basa sitosin pada satu untai akan dipasangkan dengan basa guanin pada untai lainnya.

Amatlah vital dan penting untuk memahami konsep ini, karena struktur antiparalel dari dua untai DNA berperan penting dalam fungsi dan replikasi DNA. Melalui pemahaman ini, kita akan lebih memahami bagaimana informasi genetik disimpan, dibaca, dan diwariskan dari satu generasi ke generasi.

Jadi, jawabannya apa? Pernyataan yang benar tentang deskripsi antiparalel dari dua untai DNA adalah bahwa mereka bergerak dalam arah yang berlawanan dan setiap basa pada satu untai komplementer dengan basa pada untai lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *