Sekolah

Dalam Menentukan Produk Mana yang Memerlukan Tambahan Anggaran Pemasaran, dan Produk Mana yang Perlu Dikurangi Anggarannya, Perusahaan Harus Mempertimbangkan Beberapa Faktor

30
×

Dalam Menentukan Produk Mana yang Memerlukan Tambahan Anggaran Pemasaran, dan Produk Mana yang Perlu Dikurangi Anggarannya, Perusahaan Harus Mempertimbangkan Beberapa Faktor

Sebarkan artikel ini
Dalam Menentukan Produk Mana yang Memerlukan Tambahan Anggaran Pemasaran, dan Produk Mana yang Perlu Dikurangi Anggarannya, Perusahaan Harus Mempertimbangkan Beberapa Faktor

Dalam menjalankan bisnis, perusahaan harus dapat mengoptimalkan anggaran pemasaran guna mencapai tujuan utama, yaitu meningkatkan penjualan dan laba. Salah satu cara untuk mengoptimalkannya adalah dengan mengidentifikasi produk mana yang memerlukan tambahan anggaran dan produk mana yang perlu dikurangi anggarannya. Untuk menentukan hal tersebut, perusahaan perlu mempertimbangkan beberapa faktor berikut ini:

1. Analisis Perolehan Laba

Perusahaan harus menganalisis sejauh mana kontribusi masing-masing produk terhadap perolehan laba perusahaan. Produk yang memiliki kontribusi laba lebih besar, kemungkinan akan memerlukan tambahan anggaran pemasaran untuk menjaga posisinya, sementara produk dengan kontribusi laba yang lebih rendah mungkin perlu dikurangi anggarannya.

2. Analisis Pangsa Pasar

Dalam mempertimbangkan pengalokasian anggaran pemasaran, perusahaan harus menilai pangsa pasarnya di setiap jenis produk yang ditawarkan. Produk dengan pangsa pasar yang lebih besar cenderung memerlukan lebih banyak anggaran, sementara produk dengan pangsa pasar yang lebih kecil mungkin perlu dipertimbangkan untuk dikurangi anggarannya.

3. Evaluasi Tren Pasar dan Permintaan

Perusahaan harus mengamati tren dan permintaan pasar yang ada. Produk yang menjadi tren di pasar atau permintaannya sedang tinggi akan membutuhkan lebih banyak anggaran pemasaran untuk mempertahankan posisi atau meluaskan pangsa pasar. Sebaliknya, produk yang tren nya menurun atau memiliki permintaan yang rendah mungkin perlu mempertimbangkan untuk mengalokasikan anggaran yang lebih rendah.

4. Penilaian Kompetisi

Perusahaan harus menilai kompetisi yang ada di pasar. Produk yang menghadapi persaingan sangat ketat di pasar mungkin membutuhkan tambahan anggaran pemasaran untuk menghadapi saingan. Produk dengan kompetisi yang lebih rendah bisa mendapatkan anggaran yang lebih kecil.

5. Efektivitas Pemasaran Sebelumnya

Perusahaan harus mengevaluasi sejauh mana anggaran pemasaran sebelumnya telah berhasil dalam mencapai tujuan perusahaan. Jika suatu produk sudah mendapatkan hasil yang memuaskan dari anggaran pemasaran sebelumnya, anggaran bisa dialokasikan ke produk lain yang memerlukan banyak dukungan.

6. Daya Tarik dan Inovasi

Perusahaan harus melihat dari segi inovasi dan daya tarik produk yang ditawarkan. Produk yang lebih inovatif dan menarik tentu berpotensi lebih besar untuk meningkatkan penjualan jika didukung oleh anggaran pemasaran yang tepat.

Menimbang berbagai faktor di atas, perusahaan dapat mengambil keputusan yang tepat dalam mengalokasikan anggaran pemasaran untuk setiap produk yang ditawarkan. Alhasil, perusahaan dapat bekerja lebih efisien dan efektif dalam mencapai target penjualan dan laba.

Jadi, jawabannya apa? Jawaban terbaik akan selalu tergantung pada analisis dan pertimbangan dari sejumlah faktor yang telah disebutkan di atas. Keberhasilan mengalokasikan anggaran pemasaran secara optimal akan berkontribusi secara signifikan terhadap kesuksesan bisnis perusahaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *