Diskusi

Negara Eropa Berikut Menjadi Anggota MEE Ketika Diadakan Konferensi di Brussels Adalah

30
×

Negara Eropa Berikut Menjadi Anggota MEE Ketika Diadakan Konferensi di Brussels Adalah

Sebarkan artikel ini
Negara Eropa Berikut Menjadi Anggota MEE Ketika Diadakan Konferensi di Brussels Adalah

Komunitas Ekonomi Eropa atau yang lebih dikenal dengan singkatan MEE, merupakan pendahulu dari apa yang sekarang kita kenal sebagai Uni Eropa. Organisasi ini didirikan pada tahun 1957 pasca Perang Dunia II, dengan niatan untuk memperkuat kerjasama ekonomi antara negara-negara Eropa hingga pada titik di mana perang menjadi tak mungkin dilakukan. MEE merupakan salah satu langkah signifikan dalam upaya pembuatan ‘negara Eropa bersatu’.

Sejak didirikan, banyak negara Eropa yang telah bergabung dengan MEE, banyak di antaranya memutuskan untuk menjadi anggota secara resmi di Konferensi yang diadakan di Brussels, kota yang sekarang menjadi markas besar Uni Eropa. Berbagai konferensi penting telah dilakukan di kota ini, memperluas lingkup anggota MEE sekaligus mengubah bentuk dan tujuan organisasi ini.

Konferensi yang diadakan di Brussels pada 1973 menghasilkan hal monumental. Tiga negara melangsungkan akhir perundingan mereka untuk bergabung dengan MEE. Negara-negara ini adalah Britania Raya, Denmark dan Irlandia. Ketiga negara ini secara resmi diterima sebagai anggota MEE pada 1 Januari 1973. Kehadiran mereka membantu menentukan arah kebijakan dan tujuan organisasi dalam dekade-dekade berikutnya.

Pada tahun 1981, Yunani menjadi negara berikutnya yang secara resmi bergabung dengan MEE setelah mengadakan konferensi di Brussels. Yunani kemudian diikuti oleh Spanyol dan Portugal yang bergabung pada tahun 1986. Sementara itu, Austria, Swedia dan Finlandia juga akhirnya bergabung sebagai anggota MEE saat konferensi diadakan di Brussels pada tahun 1995.

Dengan demikian, selama konferensi di Brussels, banyak negara Eropa yang berhasil menjadi anggota MEE. Langkah ini bukan hanya memperluas cakupan MEE, tetapi juga berdampak luas pada pembentukan kerjasama ekonomi dan politik Eropa yang lebih erat dan menentukan masa depan Uni Eropa.

Jadi, jawabannya apa? Sejumlah negara yang secara resmi bergabung dengan MEE pada saat konferensi diadakan di Brussels adalah Britania Raya, Denmark, Irlandia, Yunani, Spanyol, Portugal, Austria, Swedia, dan Finlandia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *