Diskusi

Table yang Datanya Diambil sebagai Data Sumber pada Implementasi Menu VLOOKUP Disebut dengan Table?

38
×

Table yang Datanya Diambil sebagai Data Sumber pada Implementasi Menu VLOOKUP Disebut dengan Table?

Sebarkan artikel ini
Table yang Datanya Diambil sebagai Data Sumber pada Implementasi Menu VLOOKUP Disebut dengan Table?

Microsoft Excel merupakan salah satu alat yang sangat populer dan bermanfaat dalam pengolahan data. Salah satu fitur yang paling sering digunakan oleh banyak orang adalah menu VLOOKUP atau Vertical Lookup. Fungsi ini memungkinkan pengguna mencari data dalam kolom tertentu, lalu menunjukkan informasi yang relevan dari kolom lain dalam jangkaun yang sama. Namun, apa sebenarnya nama dari tabel yang datanya diambil sebagai data sumber pada implementasi menu VLOOKUP tersebut?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, penting untuk memahami bagaimana fungsi VLOOKUP bekerja. Fungsi VLOOKUP bekerja dengan cara mencari nilai tertentu yang diberikan oleh pengguna dalam kolom pertama dari rangkaian data atau tabel. Setelah nilai tersebut ditemukan, Excel akan mengambil data apapun yang berada dalam kolom yang sama pada baris tempat nilai itu ditemukan.

Tabel yang digunakan sebagai data sumber dalam operasi ini dikenal sebagai ‘lookup table’ atau ‘reference table’. Jadi, saat pengguna memasukkan formula menggunakan VLOOKUP, pengguna akan merujuk ke tabel ini untuk menentukan data apa yang harus ditemukan dan ditampilkan.

Lookup table cataloging perangkat yang cukup kuat untuk digunakan dalam berbagai situasi. Misalnya, jika pengguna memiliki tabel yang mencantumkan penjualan barang dan ingin mengetahui item apa yang paling populer, pengguna bisa menggunakan VLOOKUP untuk menemukan informasi tersebut. Atau jika pengguna memiliki tabel gaji pegawai dan ingin tahu berapa gaji pegawai tertentu, VLOOKUP bisa digunakan untuk mencari data dari tabel tersebut.

Memahami dan menguasai VLOOKUP dan fungsi ‘lookup table’ lainnya dalam Excel akan sangat mempermudah pengolahan data, analisis, dan pengambilan keputusan.

Jadi, jawabannya apa?

Tabel yang datanya diambil sebagai data sumber pada implementasi menu VLOOKUP disebut dengan ‘lookup table’ atau ‘reference table’. Selamat mencoba dan semoga sukses dengan semua pengolahan data Anda di masa depan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *