Guru

Manakah di antara Urutan Unsur Berikut yang Memiliki Muatan Inti Efektif yang Semakin Meningkat?

35
×

Manakah di antara Urutan Unsur Berikut yang Memiliki Muatan Inti Efektif yang Semakin Meningkat?

Sebarkan artikel ini
Manakah di antara Urutan Unsur Berikut yang Memiliki Muatan Inti Efektif yang Semakin Meningkat?

Muatan inti efektif merujuk pada daya tarik yang dirasakan elektron oleh proton di dalam nukleus sebuah atom. Hal ini mempengaruhi berbagai sifat kimia dan fisika yang dimiliki oleh unsur-unsur tersebut.

Konsep Muatan Inti Efektif

Konsep muatan inti efektif sangat penting dalam memahami struktur dan sifat-sifat unsur-unsur dalam tabel periodik. Muatan inti efektif didefinisikan sebagai daya tarik neto yang dirasakan oleh setiap elektron beredar pada atom hidrogen dalam kondisi netral. Daya tarik ini dirasakan oleh elektron karena adanya proton dalam nukleus dan ditentang oleh elektron lain dalam atom yang sama.

Dalam memberikan penilaian pada muatan inti efektif, kita harus mempertimbangkan bahwa ketika kita bergerak dari kiri ke kanan melintasi periode dalam tabel periodik, jumlah proton dalam nukleus (yaitu, nomor atom) bertambah satu dengan setiap elemen berikutnya. Oleh karena itu, daya tarik yang dihasilkan oleh inti akan semakin kuat dengan penambahan setiap proton. Sebaliknya, ketika kita bergerak turun dalam sebuah golongan di tabel periodik, efek penumpukan elektron membuat daya tarik yang dirasakan oleh elektron valensi semakin melemah.

Hubungan Muatan Inti Efektif dengan Urutan Unsur

Namun, untuk mengetahui urutan unsur apa yang memiliki muatan inti efektif yang semakin meningkat, kita perlu mempertimbangkan lebih dari sekadar nomor atom. Faktor lain yang perlu diperhatikan termasuk penumpukan elektron dan tingkat enegri elektron tersebut.

Biasanya, jika kita melihat unsur-unsur dari kiri ke kanan dalam tabel periodik, muatan inti efektif umumnya akan meningkat. Hal ini disebabkan karena penambahan proton yang menghasilkan peningkatan daya tarik nukleus, sementara peningkatan penumpukan elektron diatur oleh prinsip pengecualian Pauli, yang menyebabkan penumpukan elektron baru di tingkat energi yang sama atau lebih tinggi, mengurangi efek pengecualian.

Dengan demikian, jika kita melihat deret unsur seperti Helium (He), Neon (Ne), dan Argon (Ar), kita akan melihat bahwa muatan inti efektif meningkat dari He ke Ne ke Ar.

Jadi, atas pertanyaan “manakah di antara urutan unsur berikut yang memiliki muatan inti efektif yang semakin meningkat?”, jawabannya sangat bergantung pada urutan unsur apa yang sedang kita pertimbangkan. Jika kita melihat deret unsur dari kiri ke kanan dalam periode yang sama, maka kita akan melihat peningkatan dalam muatan inti efektif.

Jadi, jawabannya apa? Dalam kebanyakan kasus, urutan unsur dari kiri ke kanan dalam suatu periode tabel periodik akan memiliki muatan inti efektif yang semakin meningkat. Bagaimanapun, urutan spesifik dapat bergantung pada unsur-unsur yang dipertimbangkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *