Buku

Penjabaran Nilai Pancasila yang Terkandung dalam Pokok Pikiran Ketiga Pembukaan UUD 1945 adalah…

27
×

Penjabaran Nilai Pancasila yang Terkandung dalam Pokok Pikiran Ketiga Pembukaan UUD 1945 adalah…

Sebarkan artikel ini
Penjabaran Nilai Pancasila yang Terkandung dalam Pokok Pikiran Ketiga Pembukaan UUD 1945 adalah…

Pancasila merupakan dasar negara Republik Indonesia yang terdiri dari lima sila yang menjadi pedoman bagi kehidupan bernegara dan bermasyarakat. Pancasila terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 (UUD 1945) yang terbagi dalam empat pokok pikiran. Pokok pikiran ketiga dari Pembukaan UUD 1945 menyatakan:

“Kemudian tugas membentuk suatu pemerintahan negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dan yang memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.”

Berdasarkan pokok pikiran ketiga tersebut, nilai-nilai Pancasila yang terkandung di dalamnya adalah sebagai berikut:

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa: Terwujud dalam bentuk pemerintahan yang menjunjung tinggi nilai-nilai luhur, kesucian, dan martabat serta menjalankan perintah Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab: Tercipta dalam pemerintahan yang melindungi kepentingan segenap bangsa dan menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia serta nilai-nilai keadilan.
  3. Persatuan Indonesia: Dalam pokok pikiran ketiga ini, persatuan Indonesia diwujudkan melalui cita-cita pemerintah yang melindungi segenap bangsa dan menciptakan iklim kondusif agar rakyat dapat hidup dalam keutuhan dan harmoni.
  4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan: Nilai ini tercermin dalam tugas pemerintah mencerdaskan kehidupan bangsa, meningkatkan kualitas pendidikan, serta menerapkan sistem pemerintahan yang demokratis dan menjalankan pemerintahan melalui musyawarah dan mufakat.
  5. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia: Ditunjukkan melalui pencapaian kesejahteraan umum dan keadilan sosial, di mana pemerintah berusaha menciptakan peluang yang sama untuk segenap rakyat dalam meraih kesuksesan dan kesejahteraan.

Demikian penjabaran nilai Pancasila yang terkandung dalam pokok pikiran ketiga Pembukaan UUD 1945. Pokok pikiran ini mengandung nilai-nilai yang sangat penting bagi pembangunan Indonesia sebagai negara yang merdeka, yang menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia serta menjaga persatuan dan kesatuan dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Jadi, jawabannya apa? Nilai-nilai Pancasila yang terkandung dalam pokok pikiran ketiga Pembukaan UUD 1945 adalah persatuan, kemanusiaan yang adil dan beradab, kesejahteraan umum, serta kecerdasan, perlindungan, dan pembangunan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *