Pengetahuan

Dalam Permainan Bola Voli, Pukulan yang Tidak Diperbolehkan Adalah Jika Saat Menerima Bola

44
×

Dalam Permainan Bola Voli, Pukulan yang Tidak Diperbolehkan Adalah Jika Saat Menerima Bola

Sebarkan artikel ini
Dalam Permainan Bola Voli, Pukulan yang Tidak Diperbolehkan Adalah Jika Saat Menerima Bola

Permainan bola voli menjadi salah satu olahraga populer di berbagai belahan dunia dengan beragam pertandingan, baik tingkat lokal hingga internasional. Kendati populer, masih banyak yang belum mengetahui aturan secara lengkap dalam permainan bola voli, khususnya mengenai pukulan yang tidak diperbolehkan saat menerima bola.

Aturan ini menjadi penting untuk diketahui karena suatu pukulan yang dianggap ilegal berpotensi mengakibatkan sanksi bagi pemain dan tim yang melanggar. Berikut ini uraian mengenai pukulan yang tidak diperbolehkan saat menerima bola dalam pertandingan bola voli:

Pukulan Sentuhan Ganda (Double Touch)

Sesuai dengan peraturan Fédération Internationale de Volleyball (FIVB), pukulan sentuhan ganda menjadi jenis pukulan yang tidak diperbolehkan. Pukulan ini terjadi saat pemain menyentuh bola lebih dari satu kali secara beruntun. Hal ini tidak diperbolehkan kecuali dalam situasi memblok.

Sentuhan pada Net atau Tangan Lawan

Dalam menjaga sportivitas dan keselamatan dalam pertandingan bola voli, tidak diperbolehkan bagi pemain libero atau pemain lainnya untuk menjangkau bola ke sisi lawan saat menerima bola. Tindakan ini dianggap ilegal dan mengakibatkan poin bagi tim lawan.

Pukulan Berpegangan

Pukulan berpegangan atau lift juga menjadi salah satu jenis pukulan yang tidak diperbolehkan saat menerima bola dalam permainan bola voli. Tindakan ini terjadi saat pemain menerima bola dengan posisi tangan terbuka dan tidak melepaskan bola dalam waktu singkat. Pukulan ini dianggap ilegal karena bola dipegang lebih lama dari yang seharusnya.

Pukulan dengan Kaki atau Kaki Tersentuh Bola

Bola voli dimainkan dengan menggunakan tangan sebagai alat utama dalam pertandingan. Oleh karena itu, pukulan yang menggunakan kaki atau apabila bola menyentuh kaki atau bagian tubuh lain yang bukan tangan secara sengaja dianggap ilegal. Akan tetapi, jika bola menjatuhkan pemain dan menyentuh kaki secara tidak sengaja, wasit akan memutuskan apakah permainan melanjutkan atau menghentikan permainan.

Pukulan dengan Jari Telunjuk dan Jempol (Catching)

Dalam pukulan menerima bola, pemain tidak boleh menggunakan jari telunjuk dan jempol secara bersamaan untuk menangkap bola (seperti cara menangkap bola basket). Hal ini dikarenakan tindakan ini dianggap ilegal dalam permainan bola voli.

Jadi, jawabannya apa? Dalam permainan bola voli, pukulan yang tidak diperbolehkan saat menerima bola meliputi pukulan sentuhan ganda, sentuhan pada net atau tangan lawan, pukulan berpegangan, pukulan dengan kaki, dan pukulan dengan jari telunjuk dan jempol (catching).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *