Buku

Cabang Ilmu Sains yang Mempelajari tentang Bumi dan Fenomena yang Terjadi di Dalamnya

27
×

Cabang Ilmu Sains yang Mempelajari tentang Bumi dan Fenomena yang Terjadi di Dalamnya

Sebarkan artikel ini
Cabang Ilmu Sains yang Mempelajari tentang Bumi dan Fenomena yang Terjadi di Dalamnya

Ilmu pengetahuan memiliki berbagai cabang yang dirancang untuk mempelajari dan memahami aspek-aspek tertentu dari alam semesta, termasuk planet kita sendiri, Bumi. Ada begitu banyak fenomena yang berlangsung di bumi yang perlu dipahami untuk menghargai planet kita sepenuhnya. Cabang ilmu sains yang mempelajari tentang bumi dan fenomena yang terjadi di dalamnya adalah Geologi.

Geologi

Geologi adalah ilmu yang mempelajari mengenai bumi. Asal kata Geologi berasal dari Bahasa Yunani yaitu “geo” yang berarti bumi dan “logos” yang berarti pengetahuan. Geologi merangkumi segala tentang bumi – mulai dari material yang membangun planet bumi, struktur dan karakteristik fisik bumi kepada proses yang telah membuat bumi menjadi seperti apa adanya sekarang.

Pokok bahasan ilmu geologi adalah merangkumi tiga topik pokok yaitu mineral dan batuan, proses di permukaan bumi, dan sejarah bumi. Selain itu, geologi juga membahas tentang atmosfer, perkembangan kehidupan, dan dinamika antara bumi bagian dalam dengan bagian luar yang berakibat terjadinya fenomena alam seperti gempa bumi, gunung meletus dan tsunami.

Sub-Divisi Geologi

Seperti banyak bidang sains lainnya, Geologi juga memiliki berbagai sub-divisi untuk mempelajari aspek tertentu dari bumi. Beberapa sub-divisi ini termasuk:

Geologi Struktural

Geologi Struktural mempelajari formasi dan deformasi dari struktur batuan. Ini berfokus pada pengukuran, analisis dan penafsiran struktur seperti lipatan, sesar, dan lapisan batuan. Hasil penelitian ini sangat penting untuk pemahaman proses tektonik lempeng, gempa bumi dan letusan gunung berapi.

Paleontologi

Paleontologi adalah studi tentang kehidupan masa lalu di bumi seperti yang tercatat dalam fosil. Itu bisa melibatkan studi tentang binatang dan tumbuhan purba serta bagian-bagian kecil dan mikroskopik mereka.

Mineralogi dan Petrologi

Mineralogi dan Petrologi adalah cabang geologi yang mempelajari mineral dan batuan. Mereka berfokus pada sifat fisik dan kimia mineral dan batuan serta bagaimana mereka terbentuk dan berubah sepanjang waktu.

Geokimia

Geokimia melibatkan penerapan prinsip dan teknik kimia untuk mempelajari proses dan mekanisme yang beroperasi di bumi.

Vulkanologi

Vulkanologi adalah studi tentang gunung berapi, lava, magma, dan fenomena terkait. Para peneliti dalam bidang ini berusaha memahami bagaimana gunung berapi beroperasi, dan bagaimana mereka mempengaruhi lingkungan dan kehidupan manusia.

Kesimpulan

Geologi dan sub-divisinya memberikan pengetahuan yang mendalam tentang bumi yang kita tempati ini, dalam prosesnya membantu kami memahami lebih baik tentang alam semesta. Dengan memahami geologi, kita dapat memanfaatkan sumber daya secara berkelanjutan, meramal perubahan iklim, dan mempersiapkan masyarakat untuk fenomena alam seperti gempa bumi dan letusan gunung berapi. Pengetahuan ini sangat penting untuk kelangsungan hidup dan keberlanjutan kita sebagai spesies.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *