Budaya

Negara Indonesia adalah Negara Kesatuan yang Berbentuk Republik

25
×

Negara Indonesia adalah Negara Kesatuan yang Berbentuk Republik

Sebarkan artikel ini
Negara Indonesia adalah Negara Kesatuan yang Berbentuk Republik

Indonesia, resminya Republik Indonesia, adalah suatu negara kesatuan yang bentuk pemerintahannya adalah republik. Negara ini terletak di Asia Tenggara dan Oseania dan terdiri dari 17.504 pulau. Negara Indonesia berbatasan langsung dengan beberapa negara seperti Papua Nugini, Timor Leste, dan Malaysia.

Negara kesatuan yang terjaga oleh konsep Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan penerapan dari konsep ini adalah bahwa kekuatan tertinggi dalam pemerintahan berada di tangan pemerintah pusat. Konsep ini juga menekankan bahwa meski Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa dan budaya yang beragam, namun tetap satu, yaitu Indonesia.

Bentuk Pemerintahan Republik

Sementara itu, bentuk pemerintahan republik mengacu pada sistem pemerintahan dimana kepala negara adalah seorang presiden dan bukan monarki. Seperti pesan dari pembukaan UUD 1945, “Kedaulatan ada di tangan rakyat dan dilakukan menurut UUD”. Maka, kepala negara, yaitu presiden, di Indonesia dipilih langsung oleh rakyat melalui pemilihan umum.

Sejarah dan Perjalanan Indonesia Sebagai Negara Kesatuan yang Berbentuk Republik

Indonesia sejak awal kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945 telah menetapkan dirinya sebagai negara kesatuan yang berbentuk republik. Tentu saja, perjalanan Indonesia untuk mencapai titik ini tidak mudah. Banyak tantangan, baik dari dalam maupun luar negeri, yang harus dihadapi oleh bangsa Indonesia.

Meski demikian, berbagai tantangan tersebut bukanlah halangan bagi Indonesia untuk berkembang dan berdiri sebagai negara kesatuan yang berbentuk republik. Faktanya, hingga saat ini, Indonesia masih konsisten menjaga prinsip-prinsip dan bentuk pemerintahannya.

Kesimpulan

Sekalipun Indonesia terdiri dari ribuan pulau dan memiliki beragam suku dan budaya, namun prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia tetap dijunjung tinggi. Kekuatan tertinggi berada di tangan pemerintah pusat dan kepala negara, yaitu presiden, dipilih langsung oleh rakyat. Itulah sebabnya mengapa bisa dikatakan bahwa Negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republik. Adalah penting untuk memahami struktur dan bentuk pemerintahan negara kita agar kita dapat berperan aktif dalam pembangunan dan pembaharuan di masa mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *