Diskusi

Kegiatan Yang Pernah Saya Lakukan Karena Motivasi Internal

33
×

Kegiatan Yang Pernah Saya Lakukan Karena Motivasi Internal

Sebarkan artikel ini
Kegiatan Yang Pernah Saya Lakukan Karena Motivasi Internal

Kebanyakan orang memiliki perbedaan dalam hal motivasi yang mendorong mereka untuk mencapai tujuan atau melakukan suatu kegiatan. Motivasi ini dapat bersumber dari faktor eksternal seperti insentif, pengakuan, atau tekanan sosial. Namun, terdapat kegiatan yang dilakukan seseorang karena didorong oleh motivasi internal. Berikut ini beberapa aktivitas yang pernah saya lakukan karena motivasi internal:

1. Membaca Buku

Sejak kecil, saya selalu menemukan ketenangan dan pemikiran yang lebih tajam melalui membaca buku. Motivasi internal yang menjadi pemicunya adalah keingintahuan untuk mengetahui lebih dalam mengenai dunia dan pengetahuan yang berasal dari penulis. Tak bisa dipungkiri, membaca menciptakan ruang bagi pikiran untuk menjelajahi berbagai sudut pandang, ilmu, dan dunia baru yang belum pernah kita ketahui sebelumnya.

2. Berolahraga

Berolahraga merupakan salah satu kegiatan yang seringkali diabaikan karena beberapa orang merasa telah cukup sibuk dalam menjalani hidup sehari-hari. Namun, untuk saya, berolahraga menjadi kegiatan yang dijalankan karena adanya motivasi internal. Kesehatan, kebugaran fisik, dan mental serta merasa lebih baik secara keseluruhan merupakan alasan kuat di balik olahraga yang dilakukan.

3. Menulis

Menulis adalah cara yang ampuh untuk berekspresi dan mendokumentasikan pengalaman hidup atau pemikiran seseorang. Saya menulis karena dorongan yang berasal dari dalam diri untuk bernostalgia akan memori indah atau sekadar mengelaborasi sebuah pemikiran. Menulis juga menjadi sarana untuk berbagi pengalaman dengan orang lain dan menciptakan perubahan positif dalam kehidupan mereka.

4. Belajar Bahasa Asing

Penguasaan bahasa asing menjadi salah satu kegiatan yang dijalankan oleh seseorang untuk beberapa alasan. Motivasi internal yang mendorong saya untuk belajar bahasa asing terkait dengan rasa ingin tahu dan keinginan untuk memahami budaya serta cara pikir orang dari berbagai belahan dunia. Selain itu, belajar bahasa asing dapat membantu dalam berkomunikasi, bepergian, dan meningkatkan pemahaman akan dunia yang lebih luas.

5. Berpartisipasi dalam Lintas Minat

Melakukan aktivitas yang tidak sesuai dengan bidang kajian atau pekerjaan menjadi salah satu cara untuk menemukan passion secara tidak langsung. Motivasi internal ini membuat saya mencoba berbagai kegiatan, baik itu olahraga, fotografi, seni, teknologi, atau keterampilan lain yang belum pernah ditekuni sebelumnya. Eksperimentasi ini mampu membuka wawasan baru dan memungkinkan saya untuk tumbuh dan berkembang.

Kesimpulannya, motivasi internal merupakan pendorong yang lebih kuat untuk menjalankan suatu kegiatan. Menemukan apa yang menjadi minat atau hasrat kita dan mencoba menggali lebih dalam akan menghasilkan tingkat kepuasan dan kebahagiaan yang lebih tinggi dalam hidup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *