Paket

Temukan Contoh Interval Prim dalam Notasi tersebut

33
×

Temukan Contoh Interval Prim dalam Notasi tersebut

Sebarkan artikel ini
Temukan Contoh Interval Prim dalam Notasi tersebut

Lupakan sebentar tentang pengetahuan kita di bidang musik dan mari kita pelajari tentang konsep yang asing namun menarik di bidang ini. Konsep tersebut adalah interval prim. Berikut ini akan kita bahas mendalam tentang interval prim dalam musik dan memberikan beberapa contoh dalam notasi tersebut.

Pengertian Interval Prim

Sebelum kita memahami lebih dalam tentang interval prim, kita perlu tahu apa itu interval. Secara sederhana, interval adalah jarak antara dua buah nada. Di dalam musik, kita mengenal beberapa jenis interval, salah satunya adalah interval prim atau Unison.

Interval prim atau dikenal juga sebagai unison adalah interval antara dua nada yang memiliki frekuensi yang sama atau kedua notanya ada dalam tingkat yang sama.

Penggunaan Interval Prim dalam Musik

Berbicara soal fungsi dan kegunaan interval prim, dalam musik ini sebenarnya jarang digunakan. Akan tetapi, jika digunakan dengan tepat, maka hasilnya akan unik dan tidak biasa. Interval prim biasanya digunakan dalam komposisi musik yang memiliki nada yang sama pada dua instrumen yang berbeda.

Contoh Interval Prim dalam Notasi

Misalnya, jika kita mempunyai dua buah instrumen, yaitu piano dan biola. Kedua instrumen tersebut memainkan not C pada oktaf yang sama. Maka itulah yang disebut dengan interval prim atau unison. Dalam notasi barat, contohnya ditulis sebagai :

Piano: C4 Biola: C4

Satu lagi contoh, jika kita mempunyai sebuah paduan suara dan semua personilnya menyanyikan nada yang sama tepat pada oktaf yang sama, maka itulah yang disebut dengan interval prim atau unison.

Paduan Suara: G3, G3, G3,..., G3

Dengan demikian, kita bisa memahami bahwa interval prim tidak melulu tentang suara yang sama dalam satu instrumen, melainkan bisa juga dua instrumen atau lebih yang memainkan nada yang sama pada oktaf yang sama.

Kesimpulan

Alhasil, konsep interval prim ini cukup menarik walaupun tidak banyak ditemui dalam praktiknya. Interval prim bisa memberikan warna baru dalam sebuah komposisi musik jika digunakan dengan tepat dan kreatif. Jadi, sudah siapkah Anda untuk mengeksplor lebih dalam tentang interval dalam musik?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *